5 Pilihan Olahraga Untuk Mencegah Penyakit Jantung

"Kesehatan bagiku merupakan aset atau investasi yang sangat berharga, untuk itu perlu adanya upaya untuk menerapkan pola hidup sehat. Untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar tentunya harus dilengkapi dengan cara berolahraga".
 

Hallo teman-teman, apa kabar kalian hari ini? Saat PSBB ketat kali ini, mungkin ada yang masih tetap bekerja di kantor seperti suami saya (hehehe) dan juga ada yang bekerja dari rumah seperti saya. Apapun itu, buatteman-teman yang bekerja di kantor ataupun dirumah, semoga semua tetap sehat ya...Aamiin Allahumma Aamiin. Saat ini memang kita dihadapi dengan adanya pandemik covid-19 yang mematikan, namun selain itu ternyata ada penyakit tidak menular yang menjadi pembunuh nomor satu di dunia yaitu penyakit jantung. Dalam website resminya WHO menyatakan bahwa 17.9 juta manusia meninggal setiap tahun karena penyakit jantung dan sekitar 31% kematian didunia disebabkan oleh penyakit jantung.

Begitu bahayanya penyakit jantung ini, bisa menyerang siapa saja, tidak mesti orang tua, anak muda juga bisa terkena penyakit jantung. Contoh public figure yang terkena serangan jantung diantaranya adalah sang maetro campursari Didi Kempot, suami BCL yaitu Ashraf Sinclair dan juga pemeran bombom yaitu Cecep Reza. Adapun terdapat beberapa faktor yang dapat memicu resiko terkena penyakit jantung seperti terlalu banyak merokok, gaya hidup yang tidak sehat, konsumsi alkohol berlebih, stress serta aktivitas fisik yang berlebihan.

Penyakit jantung memang biasanya disertai dengan gejala seperti mulai dari nyeri di bagian dada hingga jantung berdebar dan juga ada juga yang tidak menunjukkan gejala sama sekali. Oleh karenanya kita jangan sampai lupa untuk terus menjaga kesehatan jantung, karena terkadang kita lupa pada organ vital kita satu ini yang setiap detiknya bekerja secara terus-menerus memompa darah ke seluruh tubuh.

Cara menjaga kesehatan jantung kita selain dengan mengkonsumsi makanan bergizi, menghindari rokok dan alkohol, manajemen stress, kita juga wajib melakukan aktivitas fisik yang bermanfaat bagi jantung seperti yoga, bersepeda, berenang dll. 

                     


5 Pilihan Olahraga Untuk Mencegah Penyakit Jantung

  • Yoga

Yoga bisa jadi pilihan untuk kamu yang tidak begitu menyukai olahraga yang terlalu berat. Berlatih yoga membawa kesadaran pada tubuh, pikiran dan emosi yang menyelaraskan kesehatn fisik dan mental. Jadi ingat saat mengikuti kelas yoga bersma Anjasmara, ia pernah bilang kalau Yoga itu bukan sekedar olahraga fisik semata tapi tentang bagaimana mengolah rasa, hati, jiwa dan pikiran. Karena ada sesi meditasinya, ini yang bikin kita rileks. Yoga membangun kesehatan kardiovaskular, meningkatkan kapasitas paru-paru, dan meningkatkan fungsi pernapasan, detak jantung, meningkatkan sirkulasi darah, membangun otot, dan mengurangi peradangan. 

Saat melakukan yoga, ada tiga macam teknik yakni peregangan, pernapasan dan relaksasi. Ketiga tersebut sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. 


                       

  • Peregangan (Stretching)
Yup, olahraga jantung yang satu ini berguna untuk meregangkan otot-otot secara perlahan. Dengan meregangkan lengan dan kaki sebelum berolahraga bisa membantu mempersiapkan otot-otot untuk beraktivitas dan membantu mencegah cedera dan ketegangan otot, dan meningkatkan jangkauan gearak jika dilakukan setelah berolahraga.

                  
  • Lari Pagi
Pilihan olahraga yang murah meriah dan banyak digemari ini memiliki manfaat untuk merangsang aliran darah di tubuh sehingga sirkulasi darah lebih lancar. Jika aliran darah lancar, maka kinerja jantung tidak akan terbebani dan ritme jantung akan tetap normal. 


  • Bersepeda

Olahraga satu ini lagi ngetren di saat pandemi seperti ini, selain melatih otot-otot pada tubuh, bersepeda juga bisa membantu jantung bekerja lebih baik. Pada saat mengayuh bersepeda, seluruh otot tubuh bekerja, termasuk otot jantung.  

  • Berenang

Olahraga air satu ini juga bisa membuat jantung lebih sehat loh, karena dapat menguatkan dan memperbesar jantung sehingga membuatnya lebih efisien dalam memompa. Dengan begitu, aliran darah ke seluruh tubuh menjadi lancar.

                     

Yup, itulah 5 jenis olahraga pilihan untuk mencegah penyakit jantung. Melakukan olahraga di atas secara  teratur akan melindungi jantung dari berbagai macam masalah dan penyakit. 

Penyakit jantung menjadi momok berbahaya bagi para pekerja kantoran. Karena penyakit ini  bisa menyerang siapapun, baik yang tidak memiliki riewayat keturunan penyakit jantung pun bisa mengalaminya.

Nah, karena pentingnya menjaga kesehatan jantung kita, Malaysia Healthcare hadir untuk mengingatkan pentingnya menjaga kesehatan jantung sedari dini melalui gerakan dance. Yes, Simple Way For Healthy Heart!


Kampanye Gerakan "Dance With Your Heart"

Menurut data dari WHO, penyakit jantung menjadi penyakit nomor satu paling banyak yang menyebbakan kematian di seluruh dunia. Meskipun jantung adlaah alat vital kita yang bekerja terus menerus, kadang kita abai untuk tetap menjaga kesehatan jantung. Oleh karena itu, Malaysia Healthcare hadir untuk mengingatkan pentingnya menjaga kesehatan jantung sedari dini melalui gerakan dance dan pentingnya,enjaga ksehatan janutng dengan gaya hidyup sehat. Gerakan Dance With Your Heart adalah gerakan yang dilakukan sebagai salah satu  upaya mencegah penyalit jantung. Durasi gerakan Dance With Your Heart sekitar satu menit, gerakannya cukup bnayak dan bervariasi, olahraga ini mengutamakan pada gerakan tangan ke atas dada dan bergerak kiri dan kanan. 

Dan menurutku ini salah satu olahraga yang fun dan menyenangkan loh, musiknya membuat kita menjadi riang gembira hehehe. Nah, menariknya nih teman-teman bisa ikutan lomba mengikuti gerakan Dance With Your Heart yang diselenggarakan oleh @medtourismmmy.id dengan total haiahnya Rp2 juta loh! Mau tau caranya? Cek info di bawah ini ya!


View this post on Instagram

Tahukah kamu kalau penyakit kardiovaskular atau sakit jantung jadi penyebab kematian nomor 1 di dunia? Ada beberapa penyebab penyakit jantung, mulai dari kebiasaan merokok, alcohol, hipertensi, pola makan dan gaya hidup nggak sehat, sampai jarangnya aktivitas fisik. Untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya kesehatan jantung, Malaysia Healthcare mengajak kamu untuk turut gerak sebagai langkah kecil dalam menjaga jantungmu. Melalui Dance with Your Heart, kami tantang kamu untuk posting video dance di IG Story dan menangkan total hadiah Rp2 juta untuk 10 pemenang. Yuk, ikutin caranya! 1. Follow akun @medtourismmy.id dan like postingan ini. 2. Posting maksimal 30 detik dance kamu (baik sendiri atau bersama orang lain) sebagai gerakan untuk menjaga kesehatan jantung di IG Story. 3. Gerakan boleh mengikuti contoh yang sudah ada atau berkreasi sesuai kreativitasmu. 4. Bebas menggunakan lagu yang lain. (Kalau ingin menggunakan lagu seperti contoh, klik link ini ya: bit.ly/LaguDanceWithYourHeart) 5. Pastikan untuk simpan dance kamu di highlight, ya! 6. Tulis caption menarik tentang video kamu dan mention 3 temanmu. 7. Gunakan hashtag #DanceWithYourHeart dan #MalaysiaHealthcare dan tag @medtourismmy.id 8. Periode dari 16 - 28 September 2020 7. Keputusan pemenang mutlak ditentukan oleh tim Malaysia Healthcare. Yuk, buruan buat video dance kamu sekarang! #MalaysiaHealthcare #DanceWithYourHeart

A post shared by Medical Tourism Malaysia - ID (@medtourismmy.id) on


Simple dan asyik banget kan gerakan dancenya. Nah buat teman-teman semua yuk mari kita mulai menjaga kesehatan jantung kita dengan cara yang gampang dan menyenangkan yaitu dengan #DanceWithYourHeart persembahan dari #MalaysiaHealthcare. 



Keep fit, stay healthy and be happy ya!

 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.