Mama’s Choice Calming Tummy Oil : Minyak untuk Pijat Bayi

Pijat bayi merupakan sentuhan cinta sebagai salah satu stimulasi multisensory yang dapat mendorong perkembangan dan pertumbuhan bayi secara optimal, terutama jika dilakukan pada masa golden periode 1000 hari pertamanya.

Seberapa pentingnya sih pijat bayi itu? Hmmm kalau menurut referensi yang aku baca manfaat pijat bayi itu banyak banget loh Mama. 

Manfaat pijat bayi diantaranya adalah :

  • Memperlancar peredaran darah yang sehat
  • Memperkuat kekebalan tubuh
  • Memperlancar pencernaan bayi 
  • Membantu bayi untuk relaksasi, tidur lebih nyenyak dan lebih lama
  • Membantu meredakan ketidaknyamanan (kolik, tumbuh gigi)
  • Membantu memperkuat masa tulang
  • Meningkatkan ikatan emosional bayi dengan orang tua karena meningkatkan produksi hormon oksitosin bagi bayi dan juga ibu (hormon yang membuat merasa nyaman dan dicintai)


Pijat Bayi untuk Tumbuh Kembang Optimal

Penelitian menunjukkan bahwa sentuhan dan pijat bayi yang rutin dilakukan oleh orang tua atau pengasuh adalah faktor yang krusial untuk pertumbuhan, komunikasi, serta proses belajar si kecil sehingga bayi dpat tumbuh dan berkembang dengan optimal.

Well…setelah tahu begitu banyaknya manfaat dari pijat bayi ini, aku mulai rutin melakukan pijat bayi selama dua kali sehari yakni setiap pagi dan sore hari setelah mandi sekalian tummy time hehehe. 

Baby L yang awalnya geli-geli gimana gitu ekspresinya, sekarang mulai menikmati jika dipijat…senyum-senyum kadang ketawa kegirangan. Alhamdulilah manfaatnya pun kian terasa, bobonya jadi makin pules, perut nda kembung, pencernaannya pun lancar.  

Beberapa hal yang diperlu diperhatikan sebelum melakukan pijat bayi, diantaranya adalah :

  • Pastikan bahwa bayi dalam keadaan nyaman yakni tidak sedang lapar, mengantuk.
  • Mohon izin terlebih dahulu kepada bayi sebelum melakukan pemijatan
  • Pijat bayi dengan penuh kelembutan, sambil ajak bicara, bercanda atau bernyanyi/menyanyikan lagu sambil memutarkan musik lembut agar lebih rileks
  • Lakukan kontak mata dengan bayi saat pemijatan
  • Mulai dengan sentuhan ringan dan perlahan tingkatkan tekanan pijatan saat bayi merasa nyaman
  • Perhatikan isyarat bayi seperti menangis, mengantuk, kehausan
  • Agar lebih licin sebaiknya menggunakan minyak

Minyak di sini berfungsi sebagai pelicin dan digunakan pada saat pemijatan agar gesekan antara tangan dengan tubuh bayi dapat dikurangi. Dengan demikian gerakan tangan pada saat memijat dapat menjadi lebih lancar dan lembut. 

Yup, pemijatan dapat dilakukan dengan atau tanpa menggunakan minyak, namun sebuah penelitian menunjukkan bahwa pemijatan dengan minyak dapat memberikan efek menenangkan dan relaksasi yang lebih bagi bayi. Bayi yang dipijat dengan minyak menjadi lebih tenang dan memiliki hormon stres (kortisol) yang lebih rendah serta menunjukan tingkah laku stres  lebih sedikit. 

Persiapan sebelum memijat bayi :

Pastikan suhu ruangan atau kamar dalam kondisi hangat, dengan suasana yang tenang dan nyaman, gunakan minyak untuk memijat (minyak telon/baby oil/minyak zaitun), cuci tangan sebelum melakukan pijat bayi.

Berapa lama pemijatan dilakukan?

  • Bagi bayi baru lahir cenderung lebih sensitif dibanding anak yang lebih berumur, oleh karenanya pemjatan selama 10 menit sudah cukup untuk menimbulkan rangsangan.
  • Bayi yang lebih tua dapat menikmati pemijatan selama 20 menit.
  • Sesuaikan dengan kondisi bayi, perhatikan respon bayi saat dipijat, apakah nyaman/sebaliknya.

Banyak teknik atau cara memijat bayi, yang biasanya aku lakukan ke Baby L yang kini usianya 5 bulan cukup sederhana aja sih seperti pijat i love you, mengayuh sepeda. Untuk lebih detailnya bisa di google ya Mama, ini aku kasih contoh gambarannya! 


                                                sumber Modul UKK Tumbuh Kembang Pediatri Sosial 2013



Review Mama’s Choice Calming Tummy Oil : Minyak untuk Pijat Bayi

Salah satu quality time aku sama Baby L adalah saat memberikannya sentuhan lembut juga pijatan. Alhamdulillah memijat Baby L sudah menjadi rutinitas selepas ia mandi pagi dan sore hari, aku mulai rutin saat ia berusia 3 bulanan. Apalagi setelah tahu manfaatnya, udah gitu Baby L mulai menikmatinya saat ia dipijat hal ini terbukti tiba-tiba ia tertidur pulas padahal belum selesai mijitinnya hahaha...akhirnya bobo dalam keadaan pake kaos dalam ;)

Baby L ketiduran saat dipijitin ;)

Sudah hampir satu bulan ini Baby L menggunakan Mama’s Choice Calming Tummy Oil, selepas mandi aku balurin sambil dipijat. Aroma wanginya enak, lembut dan menenangkan...Papa dan Mamanya aja suka sama wanginya, jadi pengen nyiumin Baby L mulu hihihi. Terkadang kami olesin juga ke paha dan perutnya selepas pub untuk menetralisir bau pubnya hahaha. 

Pernah juga Baby L nangis tanpa sebab, tiba-tiba nangis kenceng padahal dah kenyang abis nen, udah diganti juga popoknya. Hmmm paling nda tega kalau liat bayi nangis kenceng gitu, sempet panik dan bingung juga...pas baca-baca bisa jadi itu kolik. Sampai sekarang belum diketahui juga sih penyebab kolik itu apa. 

Mama’s Choice merupakan produk yang aman, natural, halal. Apalagi sekarang banyak sekali rangkaian produknya untuk kebutuhan bayi. Semakin mengerti kebutuhan para Mama yang selalu ingin memberikan yang terbaik untuk buah hatinya. 

Cara mengunakan Mama’s Choice Calming Tummy Oil  juga mudah, cukup tuangkan kan telapak tangan kita terlebih dahulu, usap-usap sambil ratakan hinga muncul sensasi hangat baru deh usapin ke area badan bayi yang ingin dipijat.

Kandungan Mama’s Choice Calming Tummy Oil

  1. Nutmeg Oil (Minyak Pala), yang berfungsi meredakan gangguan pencernaan, kram perut, atau nyeri pada bayi
  2. Lavender Oil, yang berfungsi membantu menenagkan bayi yang menangis, mengurangi gejala kolik
  3. Chamomile Oil, yang berfungsi memberikan relaksasi, membuat bayi tidur lebih tenang

Selain terbuat dari bahan alami, Mama’s Choice Calming Tummy Oil juga memiliki kelebihan lainnya, diantaranya adalah :

  1. Tidak mengiritasi, aman untuk kulit bayi yang sensitif dan tidak mengandung minyak Cajuputi.
  2. 100% alami atau natural
  3. Hypoallergenic tested
  4. Dermatology tested
  5. Halal
  6. Tanpa mineral oil, parfum, paraben, dan preservatives.
  7. Terdaftar di BPOM dengan nomor NA18200105941 dan MUI dengan nomor 00150074891115

Dalam kemasannya sudah tertulis lengkap mulai dari ingredients, informasi 3 kandungan utamanya, cara pemakaiannya hingga ada tips pijat untuk mengatasi kolik loh! Warnanya kuning lembut dengan gambar yang lucu khas bayi ya, unik dan bedanya dari minyak telon lainnya adalah dibagian tutupnya, tutup bisa dilepas so tinggal pencet-pencet aja deh, ukurannya juga sedang jadi nda makan tempat saat dibawa bepergian. 


     


    


Where to buy?

Mama’s Choice Calming Tummy Oil, bisa dibeli di www.mamaschoice.id dengan harga 79K. Biar belanjanya makin hemat gunakan kode voucer "MAMAMELINDA" untuk mendapatkan diskon sebesar 25K setiap pembelian sebesar 90K, free ongkir se-Jabodetabek loh! Kode voucer berlaku untuk membeli semua produk Mama’s Choice ya Mama, menarik kan ;)

Mama’s Choice Calming Tummy Oil, hangatnya #SeamanPelukanMama 


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.