Cerita Tentang MPASI Bersama LustyBunny

"Proses pembelajaran makan tidak hanya soal rules dan jurnal. Tapi soal seni parenting dan bagaimana cara mengetahui maunya anak apa. Pahami anak mu maka dia akan membuka mulut dengan sukarela tanpa harus berantem di atas meja makan. Seringkali kita berfokus pada keinginan kita, tanpa melihat apa yang diinginkan anak kita". 


Sebuah nasehat penting juga pengingat sekaligus sentilan buat kita sebagai orangtua ketika anak kita memasuki drama MPASI atau istilah kerennya adalah GTM (Gerakan Tutup Mulut). 


Cerita tentang MPASI 

Siapa di sini yang suka senewen, kesel, emosi ketika udah masak ini itu tapi ternyata Baby Boss enggak mau makan. Mulai dilepeh, diemut, diawur-awur, dilempar, makanan yang seharusnya dimakan malah dibuat mainan :(

Awal-awal ngerasain drama MPASI itu emang sungguh menguras tenaga sekaligus emosi jiwa akutuh rasanya, rasanya campur aduk, kadang berakhir dengan menangis huhuhu. Kadang tuh ya, bekal ilmu udah ada tapi faktanya teori tak semudah prakteknya ya Buibuk *alesan! Masih butuh banyak ilmu, terutama dalam memahami dan mengerti maunya anak itu gimana. Yuk ah, pelukan dulu kita buibuk yang pernah mengalami hal yang sama denganku. 

Saat ini usia Tuan Muda Lyosha 14 bulan, dan aku sebagai orangtuanya masih terus belajar dan berupaya untuk memberikan nutrisi yang terbaik untuknya. Banyak hal yang aku pelajari dari proses memberikan makan untuknya, tak semata-mata agar anaknya kenyang tapi bagaimana caranya membuat ia makan kenyang, lahap dan bahagia. Tentu itu tidak mudah, dan butuh proses pastinya. Hmmm...lalu gimana caranya agar anak makan kenyang lahap dan bahagia? Well, aku akan sharing berdasarkan pengalamanku selama ini ya. Check it out!


Melihat anak makan dengan lahap, bahagia itu beneran bisa jadi mood booster loh! Iyes, kebahagian tak ternilai buat seorang Ibu. Sesimple itu ya kadang bahagia seorang Ibu!


Tips Agar Anak Lahap Saat Makan : 

  • Sebelum makan aku ajak anak untuk mencuci tangan terlebih dahulu sambil nyanyi lagu 'sebelum kita makan nak, cuci tanganmu dulu, menjaga kebersihan nak untuk kesehatanmu...banyak-banyak makan jangan ada sisa makan jangan bersuara, banyak-banyak makan jangan ada sisa ayo makan bersama'. Bikin suasana happy ^_^
  • Biasakan anak duduk di kursi makan saat ia makan, ajak berdoa sebelum makan.
  • Temani anak makan, yup makan bersama. Ini bikin anak jadi semangat makan karena ia makan tak sendiri. Ada kalanya memang aku makan sepiring berdua sama Tuan Muda hehehe.
  • Perhatikan tekstur makanan yang akan kita sajikan, ini penting banget seperti saat anak lagi tumbuh gigi. Jadi saat anak lagi tumbuh gigi biasanya aku buatin snack tinggi kalori, misalnya pudding, es krim, bubur kacang ijo dll. Saat anak tumbuh gigi ia lebih menyukai tekstur makanan yang lembut dan dingin.
  • Perhatikan mood anak, berikan makanan saat anak merasa lapar. Ketika jam makan tiba, berikan makanan kesukaannya.
  • Perhatikan lingkungan sekitar. Jadi Tuan Muda terbiasa makan dalam kondisi tenang, saat tiba-tiba muncul keramaian misalnya ada saudara yang datang disaat jam makannya dia kadang jadi terdistraksi, nda fokus alhasil makannya jadi ogah-ogahan karena maunya main. Pernah kejadian soalnya.
  • Ciptakan suasana yang menyenangkan. Misalnya, ruangannya nyaman nda panas. Ajak anak untuk berinteraksi, sesekali sambil diajak bercerita kasih tahu apa yang dimakan. Berikan pujian dan kalimat positif, aku suka sambil ciumin kening atau pipi kadang-kadang pas nyuapin hehehe.
  • Biarkan anak bereksplorasi dengan makanannya. Maksudnya jika ia ingin makan sendiri ya turuti aja, sesekali sambil kita suapin. Karena kadang anak bosen disuapin, tetap dipantau aja jika khawatir tersedak.
  • Gunakan peralatan makanan yang lucu dan menarik perhatiannya. Hmmm ide ini boleh dicoba sekalian mau update perlengkapan makannya Tuan Muda hihihi.

Perlengkapan Makan LustyBunny

Perlengkapan makan LustyBunny dibuat dari bahan plastik food grade Polupropylene (PP) yang aman untuk bayi. Kemasan box feeding set LustyBunny dirancang dengan presentasi yang menarik. Feeding set LustyBunny tersedia dalam beberapa ukuran. Isi perlengkapan makan feedig set LustyBunny adalah sebagai berikut; mangkok, piring, sendok, garpu, gelas, botol susu dsb. Semua feeding set LustyBunny tersedia dalam tiga pilihan warna yaitu biru muda, merah muda, dan putih. Tipe yang Tuan Muda Lyosha pakai adalah LB-1430 (biru).


                

  • Feeding set (V) 3 PCS Soft (LB-1430), Rp26.900,-

Perlengkapan makan LustyBunny juga tersedia dalam bentuk packing dus. BPA Free, praktis dan ekonomis. Warnanya eye catching ya biru mudanya. 

                                    

  • Training Cup Panda Bear 360 ml (ADG-004), Rp. 41.900,-

Dilengkapi dengan sedotan berpenutup juga pegangan dikedua sisi so memudahkan bayi untuk memegang botol agar tidak terlepas dari genggaman tangan dan mempermudah masa transisi bayi dari botol ke cangkir minum. Terbuat dari bahan PP dan BPA Freen. Designnya juga menarik. Untuk usia 6 bulan ke atas. 




Saat pertama menggunakan peralatan makan LustyBunny Tuan Muda sangat antusias, terbukti dengan langsung nunjuk-nunjuk alat makan barunya. Biasanya dominan warna putih sekarang warna biru muda yang cerah ceria. Oiya tertarik mau kembaran sama Tuan Muda alat makannya? Buibuk bisa order di marketplace kesayangan, bisa juga kepoin IG nya di @lustybunnybaby_id




Tidak ada komentar