Karihome: Susu Formula Pertumbuhan Berbasis Susu Kambing

Pertumbuhan dan perkembangan anak selalu menjadi perhatian, apalagi buat ibu baru sepertiku. Perasaan sedih, stres saat ngalamin berat badan anak seret atau naik tapi tidak optimal. Udah menjadi perhatian jikalau dalam 2 bulan minimal beratnya nda naik optimal atau malah stagnan, harus segera konsul ke DSA. Buat dicari tahu apa penyebabnya. Jikalau emang dokter meresepkan susu formula atau susu tinggi kalori pasti karena ada indikasi medis! Yang terpenting kita sebagai orangtua jangan denial aja hehehe. Terkadang emang berat untuk menerima kenyataan pahit ya, tapi itu harus dilalui. 

Curhatan para orangtua digrup komunitas parenting yang aku ikuti rata-rata mengeluhkan soal berat badan anak, anak mulai susah makan/pilih-pilih makanan dll. Jadi beberapa temen ada yang merekomendasikan pemberian sufor untuk mengantisipasi anak gagal tumbuh dan kekurangan gizi. Pemberian susu formula emang nda bisa sembarangan sih, harus ada indikasi medis atau atas persetujuan dokter spesialis anak. 

Ngomongin soal susu formula, aku baru aja tahu ini ada susu formula pertumbuhan berbasis susu kambing. Waaah...menarik nih sepertinya. Karena yang kita tahu kebanyakan susu formula ya terbuat dari susu sapi. 



Jadi pada hari Sabtu, 18 Desember 2021 aku mengikuti "Karihome Virtual Grand Launch" sekaligus webinar yang berlangsung dengan sangat meriah. Kalian pasti pada penasaran apa sih itu Karihome? Oke yuk, kita kenalan dulu biar makin sayang hehehe. 


Karihome: Susu Formula Pertumbuhan Berbasis Susu Kambing

Yuhu, ini adalah pertama di Indonesia Peluncuran Karihome Susu Formula Pertumbuhan Berbasis Susu Kambing. Congratulation!!! Orient EuroPharma (OEP) meluncurkan Karihome, produk susu kambing formula pertama di Indonesia pada Sabtu, 18 desember 2021. Susu kambing formula Karihome merupakan hasil inovasi Dairy Goat Co-operative, produsen susu asal New Zealand yang telah bermitra dengan OEP sejak 30 tahun yang lalu. “Susu kambing formula Karihome banyak diminati di luar negeri, seperti di Malaysia, Singapura, Taiwan, China, dan Hongkong. 

Kini Karihome hadir di Indonesia untuk mendukung para ibu yang menginginkan nutrisi lebih alami untuk tumbuh kembang si Kecil. Karihome percaya bahwa ASI adalah yang terbaik, sehingga produk susu kambing formula Karihome diformulasikan mengacu pada ASI sebagai gold standart.” ujar Yohanes Peter Wijaya, Direktur Orient Europharma Indonesia.


Grand Launch Karihome

Acara peluncuran yang dilakukan secara virtual ini turut menghadirkan para ahli susu kambing dari Dairy Goat Co-operative, New Zealand. Dr. Liz Carpenter, Principal Scientist DGC menjelaskan, susu kambing secara alami mengandung protein A2 beta casein yabg strukturnya lebih lembut dan mudah dicerna oleh anak-anak. Susu kambing juga mengandung zat bioaktif alami Nukleotida yang berperan dalam perkembangan sistem imun khususnya pembentukan antibodi pasca-vaksinasi. Inilah yang membedakannya dengan susu lain. “Berdasarkan hasil uji klinis yang di lakukan terhadap 300 anak di Adelaide, Australia, anak yang minum susu kambing formula mengalami pertumbuhan berat badan yang normal dan pencernaan yang lebih sehat. 

“Sebagai negara peternakan yang alami, pemerintah New Zealand mempunyai aturan yang ketat tentang kesejahteraan hewan. DGC sendiri menerapkan kode praktis peternakan yang lebih ketat dari itu, bahkan sudah menjadi patokan standard kelas dunia.” Ungkap Keith Arnold, Farm Shareholder Service Manager DGC. Susu kambing diperah di peternakan dan langsung dibawa ke pabrik dengan truk khusus yang dilapisi insulator untuk menjaga kestabilan suhu susu selama perjalanan. Tujuannya agar kualitas nutrisi alami di dalam susu tetap terjaga dengan baik.

Pada kesempatan yang sama, Ipu Hapi, Manufacturing General Manager dari Dairy Goat Co-operative, New Zealand mengemukakan bahwa proses produksi Karihome menggunakan susu kambing utuh dan melalui proses yang lebih sederhana dengan hanya 1x pemanasan suhu tinggi untuk menjaga nutrisi alaminya. Seluruh proses mulai dari pemerahan hingga pengemasan dikelola di satu tempat yang sama untuk memastikan keamanan dan kualitas produk hingga ke tangan konsumen.

Acara peluncuran virtual susu Karihome ini juga dimeriahkan dengan sesi talkshow interaktif bertajuk Winning Weaning  Talk, di mana ibu-ibu yang hadir sangat antusias berkonsultasi dengan dr. Margareta Komalasari, Sp.A seputar menyapih si Kecil tanpa drama. Dokter anak yang sapa diakrab dr. Atha ini juga sepakat bahwa anak yang telah disapih dari ASI perlu diperhatikan asupan nutrisnya melalui makanan yang bergizi serta susu formula yang alami dan berkualitas. 


Mengenal Karihome

Karihome adalah rangkaian susu formula untuk bayi dan anak berbahan dasar susu kambing pertama dan satu-satunya di Indonesia yang dilaunching pada 18 Desember 2021. Karihome telah mengantongi beberapa sertifikat diantaranya : 

  1. Nomer Izin Edar BPOM
  2. Sertifikat Halal
  3. Sertifikat Nomor Kontrol Veteriner
  4. Paten Merek untuk Indonesia

Susu Karihome dibagi menjadi 3 berdasarkan kriteria usia yaitu :

  1. Formula Bayi (0-6 bulan)
  2. Formula Lanjutan (6-12 bulan)
  3. Formula Pertumbuhan (1-3 tahun)

Harga jual untuk kemasan 400 gram tertinggi per kaleng dibandrol  Rp360.000. Wah ternyata harganya berlipat-lipat jika dibandingkan dengan susu sapi ya? Hal ini dikarenakan adanya perbedaan kualitas dan benefit antara susu sapi dan susu kambing ^_^




Karihome adalah merek internasional yang dikeluarkan oleh OEP Group dan Dairy Goat Co-operative, New Zealand. OEP Grup adalah perusahaan farmasi multinasional yang terbentuk pada tahun 1982. "Perjalanan susu kambing formula Karihome mulai dari pemerahan susu, produksi, hingga distribusi produk semuanya dilakukan dan dikontrol sepenuhnya oleh Dairy Goat Co-operative (DGC), New Zealand. Pabrik Karihome dibangun khusus hanya untuk membuat susu kambing formula."ungkap Harjono Lie, CEO PT Asia Paramita Indah (Distributor Resmi Karihome Indonesia).

FYI nih ya! Can Filling adalah proses memasukkan susu bubuk ke dalam kaleng. Fasilitas can filling Karihome sesuai standard kelas dunia dan dalam kapasitasnya sehari dapat mengisi hingga 90.000 kaleng. Produk jadi susu kambing formula Karihome kembali di cek kualitasnya di gudang penyimpanan sebelum didistribusikan ke luar negeri.

Misi Karihome adalah untuk meningkatkan kesehatan dan kecantikan orang-orang disemua tahap kehidupan. 

Apa sih bedanya susu Karihome dan susu kambing lainnya yang ada di pasaran? 

  • Karihome adalah susu formula, artinya secara komposisi dan kandungan gizinya memang dibuat khusus untuk memenuhi standar gizi susu formula bayi dan anak-anak yang ditetapkan oleh BPOM.
  • Susu formula Karihome telah teruji klinis memiliki nutrisi yang cukup untuk mendukung tumbuh kembang bayi dan anak dan secara alami lebih mendekati ASI.
  • Susu kambing lainnya yang ada dipasaran saat ini bukan susu formula, sehingga kandungan nutrisinya tidak mencukupi kebutuhan tumbuh kembang bayi dan anak. Tidak disarankan untuk dikonsumsi bayi dan anak.



Kesan Pertama Mencoba Karihome!

Susu kambing bau prengus? Hmm awalnya aku kira juga begitu, ternyata tidak berlaku untuk Karihome. Justru aromanya enak, wangi khas aroma susu bayi. Penasaran dunk sama rasanya gimana? Jadi akupun ikut nyobain, kesan pertama kaget kok seenak ini rasa susu kambing Karihome. Pas cobain ke Tuan Muda, alhamdulillah langsung approve nda ada penolakan sama sekali. Yeay, happy deh. Udah beberapa hari cobain juga nda ada gejala alergi, pencernaan pun juga nda bermasalah, so Insha Allah cocok. 

                     

Btw kenapa susu Karihome aroma dan rasanya enak dan lebih lembut? Selain karena susu karihome ini berasal dari peternakan susu di New Zealand, juga telah terfortifikasi lho! Ingin tahu lebih dekat dan detail tentang Karihome? Bisa cek di www.karihome.co.id


34 komentar

  1. ternyata emang bagus banget ya kandungan susu kambing karihome ini. mau cobain buat anak2ku

    BalasHapus
  2. sebagus itu yah ternyata susu kambing, baru tau, soalnya gak umum ya susu kambing apalagi formula

    BalasHapus
  3. Peternakan di New Zealand tuh bagus bagus kan ya mba, berasa pasti kambingnya juga sehat sehat terjaga pastinya emm jadi pengen lihat langsung kambingnya nih , susu dari kambing yg aku tahu kan buat dewasa ternyata sekarang ada buat bayi sama anak yakni Karihome ya

    BalasHapus
  4. Ternyata nutrisi dan kandungan dari susu kambing luar biasa ya mom. Alhamdulillah karihome udah ada di Indonesia ๐Ÿ˜

    BalasHapus
  5. Gak ada bau sama sekali ini susu anakku suka juga bun, lebih mudah dicerna lagi

    BalasHapus
  6. anakku juga sedang mengkonsumsi sufor karihome, so far anaknya cocok gak ada masalah alergi ataupun dengan pencernaannya juga

    BalasHapus
  7. Baru tau aku mom kalau protein pada susu kambing tuh lebih bagus dari pada protein pada susu sapi.

    BalasHapus
  8. Yes, setuju banget dengan semua yang ditulis di sini karena aku juga habis mencoba Karihome untuk anak-anakku. Mereka approved karena rasanya enak, dan enggak ada reaksi alergi yang muncul. Betul-betul bisa jadi alternatif asupan susu untuk anak!

    BalasHapus
  9. Keren, udah launching ternyata. Pengen coba deh buat anakku yang sebentar lagi disapih

    BalasHapus
  10. Mihil juga ya susu kambing ini. Anak yang intoleransi susu sapi, bisa alternatif minum susu ini.

    BalasHapus
  11. Acara grand launching nya seruu banget, jadi tau banyak tentang susu kambing formula. Rasa susu Karihome juga enak, anakku suka sekali ❤

    BalasHapus
  12. Bagus banget yah moms kandungnya susu kambing dari karihome ini jadi pengen cobain juga... Bisa beli dmna yah??? Penasaran jadinya aq nihh.
    Cocok banget juga buat ank yg alergi susu sapi yah

    BalasHapus
  13. Ternyata susu kambing bisa jadi susu formula juga yaa mom dan beruntung bgt ada Karihome yang kualitasnya sudah teruji secara klinis

    BalasHapus
  14. Anakku juga sudah mencoba susu kambing Karihome ini dan approved, selain rasanya enak ternyata nutrisinya lengkap banget ya mom

    BalasHapus
  15. Ternyata susu kambing lebih bagus ya dari susu sapi wajib coba nie dan nutrisi anak terpenuhi

    BalasHapus
  16. Wah manfaat susu formula kambing karihome banyak sekali..
    Bunda sudah gak khawatir lagi ya kalau si kecil alergi dengan susu..

    BalasHapus
  17. Wah Aku baru tau nih ada susu kambing untuk anak, terima kasih infonya.

    BalasHapus
  18. Seru banget .banyak info yang aku baru tau juga tentang susu kambing..wah keren ternyata karihome๐Ÿ˜

    BalasHapus
  19. Seru bgt ya virtual launching kmrn. Susunya jg enak ni karihome

    BalasHapus
  20. Alhamdulillah yaa sekarang ga khawatir lagi kalo anak2 mau minum susu kambing yg aman, tinggal pilih Karihome aja. Krn kualitas oke, plus ga bikin anak alergi dan pastinya emang khusus untuk anak2 yaa..

    Jadi pengen cobain juga nih...

    BalasHapus
  21. aku baru aja tahu ini ada susu formula pertumbuhan berbasis susu kambing. Waaah...menarik nih sepertinya. Karena yang kita tahu kebanyakan susu formula ya terbuat dari susu sapi.

    BalasHapus
  22. Benar-benar trobosan baru untuk susu formula anak berbasis susu kambing. Selain memang kandungan gizi yang lebih banyak dibanding susu sapi, Karihome ini aman dan memang diformulasi untuk anak-anak

    BalasHapus
  23. Samaan mom sekarang aku jg beralih ke karihome memang sebagus itu yah kandungannya ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

    BalasHapus
  24. Pertama kali anakku coba susu karihome langsung sukaa ๐Ÿ˜

    BalasHapus
  25. Anakku suka susu karihome mom. Alhamdulilah cocok

    BalasHapus
  26. Seneng banget nie aku baca info soal susunya, aku mau cobain juga ah buat anakku. Makasih mom infonya.

    BalasHapus
  27. Wah patut dicoba nih, mau cari ah

    BalasHapus
  28. Dulu tau susu ini dari saudara yang tinggal di Singapura,pernah sekali coba untuk anak, Alhamdulillah sekrang udah ada di Indonesia sekrang bisa jadi pilihan untuk susu pertumbuhan anak

    BalasHapus
  29. Susu Formula Pertumbuhan Karihome sudah mendapatkan izin dari BPOM sehingga aman di minum anak usia 6 bulan hingga 3 tahun

    BalasHapus
  30. susu formula pertumbuhan Karihome sudah mendapatkan izin edar dari BPOM dan mengandung omega 3 dan 6 untuk kecerdasan daya pikir anak

    BalasHapus
  31. Susu kambing formula pertama yang aku coba kasih ke anak dan alhamdulillah approved! Asli ya ini unik banget, susunya terjamin kualitasnya, ga bau prengus pula

    BalasHapus
  32. Seneng banget sekarang akhirnya ada susu kambing yg cocok sama anakku yg alergi susu protein sapi. Ya walaupun harganya lebih mahal, tapi manfaatnya lebih banyak๐Ÿฅฐ๐Ÿฅฐ cinta bgt sama Karihome

    BalasHapus
  33. Acara virtual launching kemarin seru banget yaaa, lengkap banget semua fitur aplikasinya ❤️

    BalasHapus
  34. Aku baru tau Karihome ini dan ternyata untuk anak-anak ada yang khusus basicnya dari susu kambing ya.
    Jarang nemu soalnya

    BalasHapus