Ini Dia Rahasia Busui Tetap Sehat Bugar Produktif Dikala Pandemi

"Pah, Mama kok rasanya setelah SC badan nya gampang banget drop ya, lebih ringkih aja rasanya, gampang capek”, obrolan pagi saat suami lagi sibuk masak di dapur, sementara istrinya lagi menyantap green smoothies sambil nyusuin Tuan Muda hehehe.

Udah gitu alergi dingin suka muncul berulang kali dalam sebulan bisa singgah 2-3 kali dan itu sungguh menyiksaku ;( Iya, karena kalau alergi dingin udah kumat tuh rasanya cuma pengen rebahan, karena ya itu hidung jadi meler, sering bersin-bersin, ditambah kadang badan jadi suka bentol-bentol gatel huhuhu. Sungguh ku merasa tak nyaman! Ada apa dengan badanku sekarang?


                


Lalu aku mulai menganalisa, memperhatikan tentang diriku, hmmm maksudnya tentang kehidupanku sehari-hari. Well, jika dibandingkan dengan kehidupanku sebelum SC emang aku termasuk orang yang jarang sakit, daya tahan tubuhku lebih kuat jika dibandingkan dengan suamiku hehehe. Konon saat aku sharing disalah satu grup parenting ternyata banyak yang mengalami hal serupa denganku…Oooh, ok mungkin ini salah satu efek dari SC, hasil kesimpulanku sementara!

Lalu aku ingat-ingat kembali, mencari penyebab lainnya…Akutuh bisa dibilang rutin berolahraga, bahkan saat hamilpun aku masih melakukan workout, jalan pagi setiap hari minimal 30 menit, belum ditambah main gymball dan stretching

Dari sebelum hamil emang aku suka olahraga, nah setelah melahirkan itu aku emang nda olahraga. Masih adaptasi dengan suasana baru soalnya dan siklus jam tidur ku juga berubah. Ya, namanya ibu menyusui itu identik kurang tidur, bisa tidur malam pules 2-3 jam aja saat punya new born itu udah keren banget lho! Bersyukur banget buat yang tidak melewati fase begadang.

Selain itu pola makan, yup saat jadi busui pola makanku berubah drastis! Porsi makanku aja bisa dua kali lipat dari biasanya, rasanya tuh busui nda kenal waktu jam makan. Karena tiap habis nyusui rasa laper melanda. Suamiku udah banyak nyetock buah-buahan, roti gandum (aku sengaja request roti gandum biar kenyang lebih lama), ice cream, cokelat, susu, cemilan umbi-umbian dll. Sebelum jadi busui aku bisa dibilang sangat memperhatikan pola makan, dalam setiap isi piringku wajib banget menu gizi seimbang setiap kali makan. 

Nah rasanya sejak jadi busui aku kurang kontrol apa yang masuk ke dalam mulutku. Semuanya dilahap, mulai suka ngemilin yang manis-manis seperti kue bolu, cake, ice cream dll. Pokoknya apa yang aku lagi pengen saat itu ya beli aja lalu makan, jadi lebih sering jajan tanpa memperhatikan efek ke depannya, huhuhu. Dengan ini aku mengaku khilaf, maafkan aku wahai tubuhku!

Terakhir adalah stres, aku kurang bisa mengelola stres dengan bijak dan baik. Rasanya tuh meledak-ledak kalau udah capek, ditambah belum makan, kondisi rumah berantakan, belum lagi kerjaan lainnya yang menunggu untuk segera diselesaikan juga. Ya, punya anak toddler emang cukup menguras energi juga sih, lagi-lagi aku masih belajar untuk beradaptasi dengan kelakuan toddler yang kadang suka bikin sakit kepala hahaha. Karena semua di handle sendiri saat suami udah berangkat kerja, jadi berasa lelahnya. Makanya aku salut banget dan salam hormat buat yang mendedikasikan hidupnya buat jadi Ibu Rumah Tangga tanpa ART dan Nanny! You’re Amazing!

Jadi bisa disimpulkan dari ceritaku di atas ada beberapa poin penting yang bikin aku jadi gampang drop yakni kurang olahraga, kurang tidur, pola makan yang berantakan, juga tidak bisa mengelola stres dengan baik.

Oke setelah tubuh mulai beradaptasi, badan sudah mulai enak dan nyaman buat olahraga aku mulai bikin to do list apa aja yang harus aku perbaiki demi bisa mendapatkan tubuh yang sehat, bugar dan kuat kembali hehehe. Karena “Sehat itu Pilihan, Ambil Pilihan Sehatmu”!

 

                     


Mau tahu apa aja yang aku lakukan, ini Ini Dia Rahasia Busui Tetap Sehat Bugar Produktif Dikala Pandemi!

Ultra Tips Bikin Sehat Tetap Enak

  • Berjemur

Sejak pandemi berjemur jadi salah satu tren gaya hidup sehat, aku pribadi sebelum adanya pandemi emang seneng yang namanya berjemur, zaman masih ngantor dan sering berangkat kepagian aku selalu usahain buat berjemur tipis-tipis di kantor. Ya daripada gabut nda jelas pagi-pagi, jadi waktunya aku manfaatin aja buat hal-hal yang bikin aku happy. Beruntungnya kantor aku juga lokasinya enak, ada tamannya jadi bisa buat olahraga juga.

Setelah pandemi dan punya bayi, aktivitas berjemur makin rutin dilakukan karena sekalian ajak Tuan Muda main di luar. Kalau udah kena matahari tuh rasanya enak aja badan, berasa ada yang mijitin hahaha. Manfaatin juga bisa dapat asupan vitamin D alami, iya kan! Yang aku rasain dengan rutin berjemur, tidur juga lebih nyenyak, mood juga stabil 😉

 

 

  • Olahraga

Sebisa mungkin melakukan aktivitas fisik setiap hari, minimal 30 menit lah. Sekarang aku lagi rutin squad dan plank sambil gendong-gendong bayi kadang, karena pengen banget punya perut yang ramping wkwkwk. Jadi tiap pagi sore itu seringnya aku jalan aja keliling kompleks, kadang sambil lari-lari kecil dan stretching juga. Btw kalau punya anak seusia toddler dan nda punya ART apalagi Nanny, pasti bakalan sering bergerak kok, karena nda mungkin juga bisa rebahan lama-lama kecuali kalau lagi sakit. Bener nda? Bukan curcol sih, tapi kenyataannya emang demikian. Sejak punya bayi yang udah mulai MPASI dan lagi aktif-aktifnya eksplorasi, aku tuh jadi rajin banget yang namanya ngepel, pagi, siang, sore dan malam hobiku ngepel. Karena ada aja kejadian numpahin makanan/minuman dll.


        


  • Asupan Nutrisi

Nah ini penting banget untuk dijaga, supaya makin konsisten dan disiplin buat makan menu gizi seimbang setiap harinya. Ingat Isi Piringku aja, dalam setiap kali makan wajib ada sayur, buah, protein, karbohidrat dan lemak. Kebutuhan kalorinya disesuiakan aja, karena yang namanya busui pasti beda jumlah kalori yang dibutuhkan hehehe. Sejak hamil dan menyusui aku mulai rutin minum susu kembali, hal ini dikarenakan kebutuhan kalsium bertambah. Saat kontrol hamil kala itu juga disarankan untuk minum susu setidaknya 2 gelas sehari.

Sejak saat itu, stock susu dikulkas selalu berjejer. Biasanya aku minum susu sebelum sarapan dan saat bersiap-siap mau workout di pagi hari dan sore hari.


                   

 

  • Tidur Cukup

Kurang tidur itu bikin mood berantakan, sungguh aku merasakannya. Jadi tidur cukup buatku itu penting banget. Aku emang terbiasa tidur jam 9, maksimal sebelum jam 10 udah tidur pokoknya. Akupun bukan tipekal orang yang suka dan bisa begadang. Btw hormon pertumbuhan itu bekerja optimal di jam 11 malam sampai jam 2 pagi. So, pastikan di jam segini itu kita udah dalam posisi tidur terlelap/deep sleep.

Kurang tidur juga bisa mengganggu pola makan karena saat tidur juga berhubungan dengan macem-macem hormon, seperti kortisol, dan hormon yang mengatur nafsu makan, leptin dan ghrelin.

 

                


4 Tips tersebut harus dilakukan secara konsisten dan bersinergi supaya hasilnya maksimal, jadi nda boleh diskip! Kalau belum terbiasa mungkin akan berat diawalnya, tapi percayalah manfaatnya akan terasa jika kita serius dan disiplin menjalaninya, demi apa? Demi sehat lahir batin, 2022 harus lebih sehat bugar dan no more stress hehehe! Bismillah, bisa yuk bisa!!! 

Oiya untuk info lebih lanjut tentang ultra tips bisa dicek di website clozette ya di sini


Ultra Milk untuk Awal Hebat Untuk Gaya Hidupmu

Oiya ngomongin tentang minum susu nih, aku lebih suka susu dalam bentuk fresh milk yang bisa langsung diminum nda repot harus nyeduh dulu. Buat busui sepertiku butuh banget asupan kalsium lebih banyak, selain dari suplemen bisa juga didapatkan dari makanan dan juga susu. Aku mengkonsumsi dan memilih Ultra Milk sebagai pilihan susu yang sehat. Ultra Milk untuk Awal Hebat Untuk Gaya Hidupmu,

 

                   



Kenapa Memilih Ultra Milk?

Karena merupakan susu sapi segar berkualitas tinggi dengan berbagai kebaikan seluruh kandungan nutrisi didalamnya, dari mulai protein, karbohidrat, vitamin, serta berbagai macam mineral seperti kalsium, megnesium, fosfor. Ultra Milk sudah terbukti ahli dalam produk susu dari generasi ke generasi sejak 1950.

Sebagai busui yang butuh banget asupan bergizi, dengan minum Ultra Milk setiap hari mampu melengkapi asupan yang bernutrisi seimbang karena memang kandungan gizinya lengkap. Ultra Milk sangat cocok untuk diminum sehari-hari. Selain itu, bisa diajadikan bahan baku untuk memasak serta membuat kue, lho! Oiya produk ini juga direkomendasikan untuk diminum anak-anak diatas usia satu tahun, jadi selain buat Mama Papanya, Tuan Muda juga bisa ikutan minum karena usianya udah 18 bulan.

Kalau lagi pengen bikin smoothies, biar manfaatnya maksimal aku suka tambahin susu Ultra Milk sebagai campuran airnya jadi rasanya makin enak. Kadang aku campurin ke bubur kacang ijo dan puddingnya Tuan Muda hihihi.

Ultra Milk mengandung berbagai kebaikan protein, vitamin dan mineral. Tersedia dalam bentuk susu segar maupun yang sudah dikemas dan memiliki umur penyimpanan lebih lama. Tersedai dalam 3 ukuran yaitu 1000 ml, 250 ml, dan 200 ml.

Proses produksi Ultra Milk ini menggunakan teknologi Ultra High temperature (UHT), dimana bahan baku dipanaskan dalam suhu tinggi mencapai 140°C dalam waktu 4 detik, hal ini untuk mengeliminasi seluruh bakteri patogen. Waktu pemanasan yang singkat bertujuan untuk meminimalisir hilangnya kandungan nutrisi dan menjaga kesegarannya.

Setelah proses produksi selesai, selanjutnya dikemas dalam kemasan aseptik yang terdiri dari 6 lapisan karton. Keenam lapisan karton ini terdiri dari lapisan polyethylene plastic, alluminium foil, dan kertas untuk melindungi dari sinar ultra violet, udara dan bakteri yang mungkin akan mengkontaminasi susu.

Nah, kombinasi yang sangat baik antara proses UHT dan proses pengemasan yang aseptik ini, menjamin Ultra Milk bertahan lama tanpa ada kerusakan dari luar sebelum dikonsumsi. Produk ini juga sudah mendapat sertifikat Halal dari MUI.

 




Tips Penyimpanan Ultra Milk 

Sebelum dibuka:

Sebaiknya disimpan dalam suhu kamar meskipun tanpa disimpan dalam pendingin. Jangka waktu peyimpanan yaitu maksimum 10 bulan. Produk juga sebaiknya disimpan dalam kondisi kering, bersih dan tempat yang sejuk.

Setelah dibuka:

Kemasan harus ditutup rapat dan disimpan dalam lemari pendingin dalam suhu 4O°C. Produk harus dihabiskan maksimal dalam 7 hari, namun sebaiknya langsung diminum habis setelah dibuka, supaya tetap terjaga kesegarannya.


Well, mengkonsumsi susu sebenarnya bukan kebutuhan yang wajib tapi jika itu bisa melengkapi kebutuhan nutrisi harian mu, why not? Hehehe. Pilih susu berdasarkan kebutuhan dan yang sekiranya cocok dengan tubuhmu! “Sehat itu Pilihan, Ambil Pilihan Sehatmu”!


“Sehat itu kekayaan yang tidak ternilai harganya, jadi gunakan akal sehat saat memilih apa yang akan dimasukan ke dalam mulut”


                   



3 komentar

  1. Rutin olahraga dan minum susu atau suplemen yg mengandung kalsium memang guna banget sih mba Utk ningkatin stamina 👍. Aku ngerasain bangett itu. Sejak rutin olahraga apalagi di masa pandemi, badana jadi lebih bugar dan ga gampang capek.

    Trus utk suplemen aku juga minum kalsium . Kalo susu jujurnya ga terlalu suka, dari kecil aku ga doyan susu Krn ga kuat baunya. Apalagi yg putih. Makanya dulu aku selalu milih susu coklat utk UHT. Kalo yg coklat bisa keminum 😁.

    Susu ultra ini skr selaku distok di rumah tp suami Ama anak sih yg minum. Mereka doyan buat tambahan ke cereal biasanya. Aku sendiri kalo utk tambahan bikin spaghetti carbonara, pasti pake susu ultra full cream ini juga. Kalo diolah begitu aku doyan si

    BalasHapus
  2. Aku suka banget sama si Ultra ini. Diminum sama sereal, dicampur sama bahan makanan semua oke 😍 kandungan lemak dan vitamin juga lumayan lagi

    BalasHapus
  3. Ultra Milk ini satu2nya UHT yang selalu ada dikulkas rumahku, anak-anakku paling bisa nerima ini

    BalasHapus