Boiler Biomassa Industri Pertama Berbahan Bakar Sekam Padi di Jawa Tengah

Suhu bumi yang terasa kian memanas, menipisnya lapisan ozon, hingga bencana alam yang datang silih berganti itu semua tak lain disebabkan oleh beberapa pemicu dari perubahan iklim. Yes, efek dari perubahan iklim emang semakin terasa sih, nda heran jika banyak yang gembar-gembor dan mengajak untuk lebih mencintai bumi dengan memulai hidup yang lebih ramah lingkungan untuk meminimalisir efek dari perubahan iklim.

Perubahan iklim saat ini merupakan tantangan global yang kian meningkat dan berdampak langsung pada manusia dan kehidupannya. Apabila hal ini tidak dikendalikan, dapat memicu krisis pangan yang mengakibatkan tidak terpenuhinya gizi dan menurunnya status kesehatan masyarakat. Tak tinggal diam, sebagai perusahaan yang mengusung visi 'One Planet One Health' Danone SN Indonesia percaya bahawa kesehatan bumi dan kesehatan manusia saling berkaitan sehingga turut memitigasi dampak perubahan iklim adalah upaya Danone SN Indonesia.

Pada Rabu, 15 Juni 2022, aku berkesempatan mengikuti webinar yang diselenggarakan oleh Danone Indonesia yang bertajuk "Inagurasi Boiler Biomassa Berbahan Bakar Sekam Padi Pertama di Jawa Tengah" yang dihadiri oleh bebrapa narasumber, diantaranya:

  • Bapak Sumarno, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah yang mewakili sekaligus membacakan sambutan Bapak Ganjar Pranowo selaku Gubernur Jawa Tengah
  • Ibu Vera Galuh Sugijanto Vice President General Secretary Danone Indonesia
  • Hannu Ikavalko, Chief Operating Officer BECIS
  • Bapak Edi Wibowo, Direktur Bioenergi, Direktorat Jenderal EBTKE, Kementerian ESDM


                                   


Boiler Biomassa Upaya Danone SN Indonesia 
Mengurangi Jejak Karbon

Danone SN Indonesia telah menetapkan ambisi untuk menggunakan energi listrik terbarukan 100% pada tahun 2030 dan mencapai karbon netral pada tahun 2050. Di Indonesia, ambisi ini diwijudkan melalui kerjasama Danone SN Indonesia dengan BECIS, penyedia layanan energi terbarukan di Asia. Danone SN Indonesia telah bekomitmen untuk memanfaatkan energi uap bertekanan dari Boiler Biomassa sebagai bentuk teknologi ramah lingkungan untuk kegiatan produksinya. Berkapasitas 6 Ton Steam/Jam. BECIS mendukung komitmen Danone SN Indonesia melalui keahlian yang dimilikinya untuk membangun dan mengoperasikan. 

Pembangunan dan pengoperasian Boiler Biomassa ini mampu menurunkan emisi karbon sebesar 8.300 ton CO2, sehingga dapat mengurangi jejak karbon yang dihasilkan dari proses produksi di Pabrik Prambanan hingga 32%. Pemanfaatan energi terbarukan ini juga mendukung program Pemerintah Indonesia.

Pada tanggal 26 April 2021 mulai dibangun fasilitas Boiler Biomassa di Pabrik Sarihusada Prambanandengan pelatakan batu pertama.


                           


Bapak Edi Wibowo, Direktur Bioenergi, Direktorat Jenderal EBTKE, Kementerian ESDM mengungkapkan, “Pemanfaatan terbesar bioenergi khususnya biomassa saat ini adalah sebagai pembangkit listrik biomassa yang mencapai 2.116 MW, sehingga peluang pengembangan bioenergi masih sangat terbuka, terlebih didukung isu lingkungan, peubahan iklim, kesadaran masyarakat untuk mewujudkan transisi energi menuju energi bersih dan peningkatan konsumsi listrik per kapita".

Upaya Danone Indonesia selaku pelaku usaha yang bersinergi dengan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dalam mendukung upaya transisi energi melalui penyediaan energi yang berbasis energi terbarukan dengan menggunakan biomassa sekam padi. Ini merupakan langkah nyata dalam mewujudkan net zero emission  pada tahun 2060 atau lebih cepat serta mendukung upaya pemerintah dalam pencapaian target bauran energi baru dan terbarukan sebesar 23% pada tahun 2025. Semoga dapat menjadi contoh bagi badan usaha lain untuk secara masif mewujudkan efisiensi energi dan energi hijau yang lebih baik bagi lingkungan dan kesehatan.


Boiler Biomassa Industri Pertama Berbahan Bakar 
Sekam Padi di Jawa Tengah

Apa sih itu Biomassa?

Biomassa merupakan bahan organik yang dihasilkan melalui proses fotosintesis baik berupa produk atau buangan. Biomassa dapat dijadikan sumber energi alternatif dengan bahan baku yang dapat terbarukan. Energi terbarukan memiliki potensi besar untuk dikembangkan dalam jangka panjang. Sementara, energi yang dapat diperbaharui memiliki banyak sumber seperti matahari, angin, biomassa, hingga panas bumi. 

Energi alternatif diperlukan seiring menipisnya cadangan sumber energi dari fosil dan dampak buruk penggunaan energi fosil bagi manusia maupun lingkungan. 

Biomassa memiliki kemiripan seperti energi fosil yang berasal dari makhluk hidup. Biomassa yang dijadikan sumber energi umumnya adalah limbah setelah diambil produk primernya dan nilai ekonomisnya rendah. Nah, kelebihan sumber energi biomassa adalah terbarukan sehingga dapat menyediakan sumber energi secara berkelanjutan. Pecaya nda sih, potensi biomassa di Indoensia sangat besar lho! Karena limbah hewan dan tumbuhan adalah bahan baku melimpah di negara ini 😊 

                   

Seluruh pemangku kepentingan terkait perlu menggalakkan usaha memitigasi efek perubahan iklim dengan terus berinovasi dalam menggunakan Energi Baru Terbarukan dalam seluruh kegiatannya. 

Berkaitan dengan hal tersebut, Danone SN Indonesia medirikan pembangunan ketel uap berbahan bakar biomassa (Boiler Biomassa) di kawasan pabrik PT Sarihusada Generasi Mahardika, Prambanan, yang merupakan bagian dari Danone SN Indonesia. Hal ini dilakukan sebagai komitmen perusahaan memitigasi perubahan iklim dengan menyediakan produk bernutrisi untuk ibu, anak dan keluarga yang diproduksi secara ramah lingkungan. Boiler Biomassa ini merupakan biomass berbahan bakar sekam padi pertama di Jawa Tengah sehingga dapat mengurangi jejak karbon hingga 32% dan memanfaatkan energi terbarukan dari Boiler Biomassa untuk menciptakan sirkularitas produk pertanian dan menyejahterakan petani di sekitarnya.

Manfaat Boiler Biomassa :

  1. Mengurangi emisi karbon ke atmosfer
  2. Mengurangi limbah pertanian
  3. Mengurangi biaya bahan bakar
  4. Mewujudkan ekonomi sirkular

Bapak Indra Pamungkas, Head of Operation & Maintenance BECIS Indonesia menjelaskan proses atau alur bagaimana sekam padi itu diubah menjadi sesuatu yang bermanfaat. Pertama-tama sekam padi dikumpulkan di gudang, untuk kemudian diproses di boiler lalu dari gudang tadi sekam padi dibawa menuju mesin pembakaran. Nah salah satu sisa material yang dihasilkan adalah abu sekam, dimana abu sekam ini sangat bermanfaat bagi pertanian, dan pabrik Prambanan Sarihusada. Oiya abu sekam juga dibagikan secara gratis untuk petani disekitar pabrik lho!

Bagaimana inisiatif Danone SN Indonesia dalam usaha mewujudkan komitmen memitigasi perubahan iklim dengan penggunaan energi listrik terbarukan 100% pada tahun 2030 dan mencapai karbon netral pada tahun 2050.


                   


Pemanfaatan energi terbarukan ini juga mendukung program pemerintah Indonesia, umtuk meningkatkan bauran energi baru terbarukan hingga 23% pada tahun 2025 dan mencapai karbon netral  pada tahun 2060. Energi terbarukan bukan lagi menjadi energi masa depan, namun energi bersih yang kita butuhkan hari ini untuk memitigasi perubahan iklim yang berlangsung sangat cepat. Semoga kolaborasi ini dapat berkontribusi untuk mengakselerasi transisi energi terbarukan untuk Indonesia dan bumi yang lebih sehat.


Tidak ada komentar