Penanganan dan Pengobatan Saraf Kejepit RS Premier Bintaro

Luas, bersih, tertata rapi, pelayanannya ramah, area lobi dan ruang pendaftaran berkonsep open space dan satu lagi bangunannya estetik, nda seperti lagi di rumah sakit rasanya! Masya Allah, yup begitulah kesan pertama ku saat mengunjungi RS. Premier Bintaro. Oiya pas masuk ke toiletnya juga bersih, wangi,  tidak ada aroma yang mengganggu hehehe. 


Apalagi saat disambut sama Darby, boneka rusa yang menjadi maskot RS Premier Bintaro ini. Si robot pintar akan membantu para pengunjung untuk menunjukkan area-area di rumah sakit yang ingin dituju, selain itu juga bertugas menginformasikan promo dan layanan yang ada di rumah sakit, mengetahui jadwal dokter, membawa minuman jika ada pasien yang haus, jika ada pasien yang mengantri agar tidak jenuh Darby bisa menghibur dengan menyanyikan lagu yang seru lho, waah menarik sekali bukan ;)



Jadi kedatanganku ke RS Premier Bintaro pada tanggal 19 Juli 2022 itu karena memenuhi undangan Blogger dan Vlogger Gathering, dimana rangkaian acaranya meliputi hospital tour dan healthy talk yang membahas Penanganan Terkini Saraf Kejepit. Nah sebelum aku bercerita panjang tentang keseruan mengikuti acaranya, yuk kita mengenal lebih dekat tentang RS. Premier Bintaro ini. 


Sekilas tentang RS Premier Bintaro

RS Premier Bintaro terletak di tengah kawasan Bintaro Jaya, tapatnya berlokasi di Jl. MH Thamrin No. 1, Sektor 7, Bintaro Jaya, Tangrang Selatan. Dibangun di atas lahan seluas 12.000 m2 dengan konsep desain yang unik. Mulai beroperasi pada 12 Oktober 1998, dengan nama Rumah Sakit Internasional Bintaro, mulai 12 Agustus 2010 Rumah Sakit Internasional Bintaro mengganti namanya menjadi Rumah Sakit Premier Bintaro.

RS Premier Bintaro adalah rumah sakit pertama di Indonesia yang terakreditasi menggunakan standar Joint Commission International (JCI) edisi ke empat. JCI adalah organisasi akreditasi internsional, bagian dari Akreditasi Komisi Gabungan Organisasi Perawatan Kesehatan (JCAHO-USA).

RS Premier Bintaro adalah bagian dari Ramsay Sime Darby Health Care Group, grup rumah sakit swasta yang memiliki lebih dari 100 rumah sakit dan fasilitas di Australia, Inggris, Prancis, Malaysia, dan Indonesia.

Filosofi “People Caring for People”, mencerminkan komitmen kami terhadap peningkatan kualitas berkelanjutan, tanggung jawab untuk memberikan layanan berstandar internasional, juga mengembangkan sumber daya manusia secara konsisten. RS Premier Bintaro juga sangat mengutamakan keamanan dan kenyamanan pasien. 





Hospital Tour RS Premier Bintaro

Oke, setelah mengenal lebih dekat RS Premier Bintaro melalui profil di atas yuk kita lanjutkan dengan sesi hospital tournya! Pasti udah nda sabar kan pengen tahu fsailitas serta layanan unggulan apa aja sih yang dimiliki oelh RS Premier Bintaro ini, monggo di simak sampai selesai ya ^_^

Saat itu kami kelompok lima dipandu oleh Ka Putri, saat berada di lantai dasar yakni area lobi kami diajak berkeliling...area mataku langsung tertuju sama ruang tunggu yang cukup luas dan juga nyaman. Banyak tanaman di beberapa sudut yang membuat pemandangan jadi lebih fresh!

Saat menuju lantai 3, terdapat Roof Garden yang merupakan area untuk berjemur pasien dan juga pojok dahak. Area ini harus dikosongkan ketika ada pengambilan dahak. 




Layanan Unggulan RS Premier Bintaro



  • STROKE CENTER 

Stroke adalah suatu gangguan fungsi otak yang terjadi secara mendadak, disebabkan semata-mata oleh gangguan pembuluh darah di otak, dan dapat mengakibatkan kematian. Umumnya stroke ditandai dengan timbulnya gangguan saraf sebagaian atau menyeluruh, yang berlangsung selama 24 jam atau lebih.

Layanan Stroke Center ini baru dibuka pada tanggal 10 Januari 2022, untuk memberikan penanganan stroke secara terpadu mulai dari tahap pencegahan (preventif), pengobatan (kuratif), dan pemulihan (rehabilitatif) bagi pasien stroke.

Salah satu kunci keberhasilan penangan stroke adalah menangani pasien secepat mungkin setelah serangan terjadi. Semakin cepat pasien ditangani risiko pasien mengalami kematian dan cacat permanen dapat dikurangi. Hasil terbaik dapat didapatkan jika pasien ditangani sebelum 3,5 jam setelah terjadi serangan stroke.

Well, untuk memberikan layanan terbaiknya RS Premier Bintaro telah membuat tim Stroke Center tentang panduan klinis dan protokol tata laksana stroke akut yang efektif dan efisien yang mengintegrasikan berbagai layanan di RS Premier Bintaro seperti layanan ambulancs, layanan gawat darurat, ruang rawat khusus pasien stroke dan pemeriksaan MRI yang siap beroperasi 24 jam.

RS Premier Bintaro menyediakan ruang Stroke Unit untuk perawatan pasien stroke hiperakut, akut, dan sub akut serta pasien lainnya yang memerlukan observasi ketat gejala neurologis dengan tenaga keperawatan yang telah dipersiapkan untuk mendukung pemulihan optimal pasien.

Tim Stroke Center RS Premier Bintaro diperkuat oleh tim medis multidisiplin, terdiri dari sokter spesialis saraf, dokter spesialis bedah syaraf, intensivist, dokter spesialis radiologi da radiologi intervensi, dokter spesialis rehabilitasi medik, dokter spesialis emergensi medis, dokter spesialis orthopaedi, an traumatologi, dokter spesialis gizi klinik dan disiplin lain yang terkait untuk memberikan pelayanan cepat dan efisien bagi pasien stroke akut, mengantisipasi komplikasi stroke dan serangan ulang, serta memberikan terapi rehabilitasi sedini mungkin untuk meminimalkan kecacatan dan angka kematian stroke.

Salah satu kelebihan Stroke Center di sini adalah full dimonitor oleh tenaga medis lho! So, untuk pasien yang tidak didampingi oleh keluarga bisa dijaga atau dititipkan oleh petugas. Terdapat 5 bed untuk pasien stroke di sini.


  • Skin & Laser Clinic

Skin & Laser Clinic RS Premier Bintaro baru dibuka pada bulan Agustus 2021. Layanan yang identik dengan klinik kecantikan! Unit ini juga memiliki tim dokter spesialis kulit dan kelamin, dokter THT dan Obgyn juga lho! Yes, karena Skin and Laser Clinic di RS Premier Bintaro menggunakan teknologi laser termutakhir bernama Fontana Laser, yang fokusnya bukan hanya pada perawatan kulit saja, karena bisa juga diaplikasikan pada bagian tenggorokan (jika ada keluhan mengorok) dan urologi (urinari dan sistem reproduktif).

Skin & Laser Clinic RS Premier Bintaro juga selain melayani perawatan kulit, juga melayani pelangsingan badan, Tatto & Birthmark Removal, Hair Removal, Miss V Rejuvination.



  • MCU VISA
Layanan unggulan lainnya yang menarik adalah adanya Medical Check Up VISA, yang berada di lantai 1 dekat dengan area loby dan ruang pendaftaran pasien. MCU VISA RS Premier Bintaro melayani MCU VISA diberbagai negara diantaranya adalah Australia, Canada, New Zealand, UK, dan USA.


  • RAMSAY SPINE CENTER

Salah satu layanan terbaik dari RS Premier Bintaro adalah Ramsay Spine Center, yang merupakan pusat layanan untuk mengatasi semua maslah tulang belakang secara terpadu dan komperhensif. Dengan tim yang terdiri dari berbagai bidang spesialis (spesialis bedah tulang belakang, spesialis neurologi & sub-neuro-fisiologi, spesialis kedokteran fisik & rehabilitasi, dan spesialis radiologi).

Lebih dari 21 tahun perjalanan RS Premier Bintaro, berbagai fasilitas layanan unggulan telah dibangun sejalan dengan perkembangan pesat ilmu pengetahuan dan teknologi emdis. Sejak 1998, RS Premier Bintaro telah diakui keahliannya di bidang layanan ortopedi. Perawatan ortopedi ditangani secara menyeluruh dengan dukungan spesialis ortopedi dari berbagai subspesialisasi mulai dari Bedah Tulang Belakang, Bedah Pinggul & Lutut, Bedah Tangan hingga Bedah Ortopedi terkait Olahraga.


Healty Talk : Penanganan Terkini Saraf Kejepit




Setelah selesai hospital tour, kami memasuki ruang Krakatau tempat dimana healthy talk berlangsung. Tema bincang sehat kali ini adalah "Penanganan Terkini Saraf Kejepit" dengan narasumber dr. Ajiantoro, Sp.OT. 


Apa sih Saraf Kejepit itu? 

Saraf kejepit adalah kondisi ketika bantalan antar tulang belakang yang lembut dan seperti agar-agar, menonjol sehingga menekan saraf di sekitarnya (klikdokter.com). Saraf kejepit dimulai dengan mengalami nyeri, sensasi dan emosi yang tidak menyenangkan yang dialami oleh tubuh, terkait dengan kerusakan jaringan didalam tubuh. Jenis nyeri yakni ada nyeri akut dan nyeri kronis.

Penyebab Saraf Kejepit

Beberapa penyebab saraf kejepit yang sering tidak kita sadari diantaranya adalah, pengulangan posisi duduk yang tidak tepat, salah posisi saat mengangkat beban berat, dll. 

Low Back Pain, nyeri yang sering dirasakan atau dialami oleh banyak orang yakni di bagian punggung bawah sering disebut juga sebagai saraf kejepit.


Aku kira tuh yang terkena saraf kejepit ya orang lanjut usia aja lho, ternyata orang usia produktif juga bisa terkena saraf kejepit. Pada usia produktif, 80% populasi mengalami minimal 1x nyeri pinggang dalam episode kehidupan. Jika mengalami nyeri dengan ciri-ciri seperti di bawah ini, itu udah kategori red flags, so harus diwaspadai ya!

  • Nyeri yang terjadi mendadak dan tak tertahankan 
  • Nyeri yang bersifat progresif dan tidak hilang dengan istirahat
  • Nyeri yang menjalar ke kedua tungkai kaki 
  • Nyeri yang berkaitan dengan perubahan posisi
  • Nyeri dengan kelemahan tungkai kaki
  • Kesemutan, baal, atau kebas pada tungkai kaki
  • Kelemahan kedua tungkai kai saat berdiri atau berjalan
Nah, apabila mengalami ciri-ciri di ats segera melakukan pemeriksaan lengkap ke dokter ya untuk mendapatkan diagnosa yang tepat. Oiya di bawah ini adalah posisi duduk ideal, hayo udah pada benar belum posisi duduknya hehehe.

Doc : Mas Agung Han

Apa aja sih pemriksaan yang dilakukan jika mengalami gejala saraf kejepit seperti di atas? Untuk penunjang diagnosis pasien disarankan untuk menjalani beberapa pemeriksaan meliputi pemeriksaan laboratorium, dan radiologi yang meliputi USG, Xray, CT Scan, MRI, BMD dan Rehabilitasi Fisioterapi.

Kabar baiknya nih, menurut dr. Ajiantoro Sp. OT,  tidak semua saraf kejepit harus dioperasi, bisa juga dengan tanpa operasi atau konservatif. 

Konservatif atau tanpa operasi, bisa diupayakan dengan melakukan :

  • Diet dan berat badan ideal
  • Perbaiki pola hidup dan aktivitas harian
  • Istirahat/bed rest saat nyeri timbul
  • Menghindari gerakan-gerakan pencetus nyeri
  • Obat-obatan anti nyeri, radang dan vitamin 
  • Rehabilitasi medik (Modalitas nyeri (TENS, US, radiotherapy), Latihan fisik dan penguatan otot (olahraga), Alat bantu dan korset                        

Oiya di RS Premier Bintaro, sudah ada layanan tanpa operasi untuk mengatasi saraf kejepit, yakni dengan Interventional Pain Management (IPM), yang meliputi : 

  1. Injeksi / Blok saraf tulang belakang
  2. Radiofrequency Ablation (RFA Spine) 
  3. Percutaneous Laser Disc Decompression (PLDD)

Tindakan Operasi nya meliputi : 

  • C-arm 
  • Alat Endoscopy
  • Kamar operasi Non Infeksi
  • Instrumen dan Implant yang lengkap
  • Sterilisasi yang terjaga 
  • Tim dokter dan perawat yang profesional
  • Kesiapan kamar operasi 24 jam

Tindakan operasi saraf kejepit meliputi bedah terbuka dan bedah minimal invasif atau yang biasa disebut degan endoskopi. Bedah terbuka ini biasanya dilakukan jika dibutuhkan pemasangan pen. Sedangkan bedah minimal invasif dilakukan dengan menggunkan teknologi canggih untuk mengurangi keruskan jaringan dan stress pada tubuh pasien. Endoskopi ini minim sayatan sehingga memungkinkan pasien bisa lebih sehat dalam penyembuhannya. Sekitar 6-12 jam pasca operasi pasien sudah bisa menggerakkan badannya. 

Endoskopi dapat memberikan hasil yang sama baiknya dengan operasi bedah tulang belakang terbuka. Keuntungan endoskopi adalah lebih sedikit keruskan jaringan, kehilangan darah, lebih rendah angka kejadian jaringan parut, rawat inap lebih pendek, pemulihan fungsional lebih dini dan peningkatan kualitas hidup serta kosmetik luka yang lebih baik. 


Minimal Invasive Spine Surgery (MISS) adalah teknologi terbaru tindakan tulang belakang yang dapat mengurangi kerusakan jaringan dan stress pada tubuh sehingga pasien dapat beraktivitas kembali lebih cepat.

Tujuan MISS : 

  • Mengurangi tarikan dan kerusakan otot
  • Meminimalisir rusaknya jaringan lunak tulang belakang
  • Mempertahankan integritas dari dorsolumbar fascia
  • Mengurangi kerusakan tulang
  • Utilisasi saraf dan pembuluh darah
  • Mengurangi luka sayatan tindakan


Nah teman-teman jika memang memiliki gejala saraf kejepit, sebaiknya jangan dibairkan aja ya...karena semakin cepat ketahuan atau terdeteksi akan lebih baik pastinya proses penyembuhannya. Kalau emang memiliki gejalanya segera ke dokter spesialis orthopaedi untuk melakukan pemeriksaan lengkap untuk dilakukan penegakkan diagnosa. 

Saraf kejepit dengan tanda bahaya haruslah dipahami sehingga tidak membahayakan pasien. Penegakkan diagnosis dan tatalaksana dengan pemeriksaan serta fasilitas yang lengkap menjadi keutamaan dalam terapi pasien. Bila terjadi masalah pada tulang belakang jangan ragu untuk melakukan pemeriksaan ya! 

Semoga informasi yang aku tulis ini bermanfaat ya. Sampai jumpa di bicang sehat selanjutnya ^_^



Instagram: @rspremierbintaro
TIktok: @rspremierbintaro
Facebook Page: RS Premier Bintaro
Youtube: RS Premier Bintaro
Website: https://www.ramsaysimedarby.co.id/rspb

Tidak ada komentar