Pencernaan Lancar Selama Berpuasa dengan Ngemil Yogurt!

Puasa menahan lapar,
Puasa menahan haus,
Puasa menahan amarah, 
Puasa menahan ngemil! 


Hallo, apa kabar? Gimana nih puasanya? Semoga senantiasa diberikan kesehatan ya! Jujurly buat yang doyan ngemil sepertiku ini, puasa jadi tantangan tersendiri buatku. Udah gitu selama berpuasa kalau makanannya ada yang ‘nda bener’ yang terjadi adalah konstipasi alias sembelit. Yup, bisa BAB setiap hari tanpa drama itu sungguh sesuatu yang harus disyukuri lho! Karena plong banget rasanya tuh kalau udah setor tiap pagi hehehe. Akutuh punya kebiasaan baik, sehabis makan sahur dan sebelum sholat shubuh biasanya tuh udah ada sinyal tanda-tanda ingin BAB. Alhamdulillah sampai saat ini masih lancar pencernaannya! 

Anyway yang bikin sembelit tuh biasanya kalau aku kurang minum, tidurnya kurang, dan kurang makan serat. Thats why, selama berpuasa kudu pinter-pinternya mengatur waktu buat makan, minum, istirahat, juga ngemil. Penting banget buat jaga asupan nutrisi selama sahur dan berbuka. Poinnya pola makan gizi seimbang harus terpenuhi, nah untuk ngemil sehatnya biasanya selalu ada buah-buahan segar sesekali ditemenin yogurt juga! Karena yogurt bagus untuk kesehatan saluran cerna lho!





Ngemil No Worry, Dengan Cimory Yogurt Squeeze yang Rasanya Enak!

Kalau lagi pengen ngemil yang seger-seger tapi tetap sehat aku pilih Cimory Yogurt Squeeze! Ini rasanya enak banget, anak ku aja yang 2,5 tahun minta jatah tiap aku ngemil ini. Kadang sampai rebutan kalau stocknya tinggal satu wkwkwk. 

Manfaat yogurt untuk kesehatan yang aku kutip di www.alodokter.com diantaranya adalah : 
  • Menjaga kesehatan pencernaan
Yogurt mengandung probiotik atau bakteri baik yang berperan dalam melindungi kesehatan sistem pencernaan dari berbagai jenis penyakit, sedikit diare, konstipasi, radang ussu, sam lambung.
  • Menjaga kekuatan tulang
Kandungan protein dan vitamin D di dalam yogurt baik untuk meningkatkan kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis. Tekstur yogurt yang lembut dan kental juga membuatnya mudah dicerna oleh tubuh, sehingga juga baik untuk dikonsumsi orang lanjut usia. 

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Mengonsumsi yogurt secara rutin dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Hal ini karena kandungan probiotik di dalam yogurt memiliki efek antiperadangan, sehingga mencegah tubuh dari berbagai penyakit, seperti infeksi virus dan radang usus.



Pentingnya Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan



Momen ramdan seperti ini, adalah momen terbaik untuk menjaga kesehatan secara menyeluruh. Karena dengan berpuasa tubuh atau organ kita juga ikut beristirahat. 

Puasa aktifkan “Autophagy” buang sel tak guna, cegah penyakit degeneratif. Autophagy adalah mekanisme pembersihan diri yang terjadi ketika tubuh dilatih untuk berpuasa selama kurun waktu tertentu. Mekamisme ini memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan. 

Konsep autophagy adalah membuat tubuh lapar. Ketika tubuh seseorang lapar, maka sel-sel tubuhnya pun ikut lapar. Sel-sel yang lapar ini akan memakan sel-sel dirinya yang sudah tidak berguna lagi atau sel-sel yang telah rusak atau sel-sel mati, agar tidak menjadi sampah dalam tubuh. So, sel-sel mati ini tidak akan menghasilkan sesuatu yang bisa membahayakan tubuh. Yup, tubuh orang yang berpuasa akan membersihkan dirinya sendiri.

Ilmuwan bernama Yoshinori Ohsumi telah membuktikan dan menemukan bahwa ketika seseorang lapar (PUASA) dalam jangka waktu tidak kurang dari 8 jam dan tidak lebih dari 16 jam, maka tubuh membentuk protein khusus di seluruh tubuh yang disebut autophagisom.

Autophagisom tersebut bisa dianalogikan sebagai sapu raksasa yang mengumpulkan sel-sel mati yang tidak berguna dan bisa membahayakan tubuh untuk dikeluarkan. Sel-sel mati ini banyak dihasilkan oleh sel kanker dan sel berbentuk kuman (virus atau bakteri) penyebab penyakit. Protein autophagisom tersebut menghancurkan dan memakan sel-sel berbahaya tersebut, lalu mengeluarkannya. Sebagai kesimpulan dari riset ini, dokter Yoshinori Ohsumi menyasrankan agar seseorang bisa menjalani praktek melaparkan diri (PUASA) dua tau tiga kali dalam seminggu.

Selama berpuasa aku concern banget untuk memperhatikan asupan nutrisi agar  tubuh tetap fit, sehat, bugar juga produktif! 

Nah, salah satu bentuk upayaku dalam menjaga kesehatan keluargaku adalah dengan memenuhi kebutuhan nutrisi dan menyediakan makanan yang sehat dan bergizi tentunya. Harapannya dengan tercukupi kebutuhan makro dan mikro nutriennya pencernaannya pun juga sehat dan lancar. Karena kesehatan saluran pencernaan juga nda kalah pentingnya lho! Yes, kondisi pencernaan berkaitan erat dengan kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Salah satu kuncinya adalah dengan memenuhi kebutuhan serat dalam setiap kali makan, aku pilih camilan yang nda hanya enak dilidah tapi juga sehat untuk pencernaan. Apakah itu? Yuhu, ngemilin Cimory Yogurt Squeeze aja deh, praktis dan sehat! Kalau lagi pengen menikmati Cimory Yogurt Squeeze dengan cara lainnya,biasanya aku campurin ke smoothies atau tambahin buah-buahan segar jadi deh salad buah 😊





Yogurt adalah salah satu makanan ringan yang baik untuk kesehatan. Karena yogurt adalah sumber protein, serat dan kalsium yang penting untuk otot dan tulang yang kuat.

Menurut dr. Dion Haryadi, PN1, CHC menjelaskan bahwa usus kita dapat berkomunikasi 2 arah dengan otak kita, inilah yang sering membuat usus sering disebut sebagai otak kedua manusia. Bersama-sama, dua otak kita memainkan peran kunci dalam penyakit tertentu di tubuh kita dan kesehatan secara keseluruhan. Tentu saja, otak manusia yang membuat semua keputusan logis dan intelektual kita, namun otak di usus kita juga ikut berkontribusi pada kesehatan dan emosi kita.

Lidwina Tandy, Head of Marketing Diary Cimory menjelaskan, Cimory Yogurt Squeeze 120 gr yang mengndung 120Kcal, hadir sebagai solusi praktis dan baik untuk pencernaan, bagi seluruh keluarga yang doyan ngemil. Melalui kampanye “Ngemil No Worry Cuma Cimory”, Cimory Yogurt Squeeze kini hadir dalam kemasan yang kecil 40gr dengan porsi yang tepat dikonsumsi anak kecil dan camilan setelah makan. Produk Cimory Yogurt Squeeze ini bisa didapatkan di semua minimarket, supermarket, hypermarket dan Miss Cimory. 


Berkenalan dengan Miss Cimory

Miss Cimory adalah program dari Cimory yang sudah ada sejak tahun 2013 yang memberikan dukungan dan kesempatan bagi ibu-ibu rumah tangga untuk bisa mandiri, produktif dan membantu keuangan keluarga. Miss Cimory adalah program yang dibentuk oleh Cimory sebagai bentuk tanggung jawab sosial Cimory terhadap pemberdayaan perempuan. Ibu-ibu Miss Cimory sampai saat ini sudah mencapai lebih dari 4.000 ibu di sleuruh Indonesia dan produk Cimory Squeeze 40 gr bisa juga didapatkan melalui agen Miss Cimory.



Tentang Cimory Yogurt Squeeze


Cimory Yogurt Squeeze hadir pada tahun 2020. Memiliki kemasan yang minimalis berukuran 120 gr, sehingga memudahkan konsumen untuk mengkonsumsi yogurt dengan mudah tanpa menggunakan sendok ataupun mangkok.

Cimory Yogurt Squeeze, terbuat dari susu segar pilihan terbaik yang difermentasi dengan bakteri dan diperkaya dengan buah segar. Serta memiliki kandungan protein, kalsium dan serat yang menjaga kesehatan pencernaan, baik untuk pertumbuhan dan kekebalan tubuh. 

Dan, tahun ini Cimory Yogurt Squeeze kembali menghadirkan new packaging berukuran 40gr untuk memperluas minat konsumennya dalam mengonsumsi yogurt. Cimory Yogurt Squeeze hadir dengan 2 varian rasa, diantaranya Strawberry dan Blueberry.





Keunggulan Cimory Yogurt Squeeze 
  • Hadir dengan inovasi packaging (tidak perlu sendok dan tidak perlu mangkok 
  • On the go healthy snack 
  • Rasanya enak, creamy dan teksturnya lembut seperti soft ice cream
  • Mengenyangkan, kaya serat dengan sari buah
  • Mengandung milyaran bakteri baik, mampu menjaga kesehatan pencernaan, sumber protein dan kalsium

Cara Penyimpanan:
  • Harus disimpan di kulkas
  • Hanya dapat bertahan di suhu ruang max 4 jam 
  • Segera habiskan setelah dibuka 
Cara Menikmati Cimory Yogurt Squeeze :
  • Untuk bahan campuran makanan atau minuman
  • Bisa untuk topping makanan/minuman
  • Dibekukan untuk dijadikan yogurt sorbet
Cimory Yogurt Squeeze memiliki 12 Varian Rasa, yaitu : 
  1. Original
  2. Strawberry
  3. Blueberry
  4. Peach
  5. Honey
  6. Aloevera
  7. Cavendish Banana
  8. Purple Taro
  9. Mango Sticky Rice
  10. Black Sticky Rice
  11. Brown Sugar
  12. Thai Tea




Pencernaan Lancar Selama Berpuasa dengan Ngemil Yogurt!

Alhamdulillah, pencernaan lancar selama berpuasa dengan ngemil yogurt! Yup, karena yogurt memiliki kandungan serat yang baik untuk membuat pencearnaan lancar. Biar ngemil yogurtnya makin asyik, aku bikin aneka ice cream nih buat camilannya Tuan Muda!

Bikinnya gampang banget, karena bahannya cuma 3 aja, yaitu aneka buah-buahan segar, Cimory Yogurt Squeeze dan Fresh Milk! Aku pilih buah-buahan yang menjadi favoritenya Tuan Muda yaitu Strawberry, Kiwi dan Jeruk. 

Cara buatnya juga gampang banget lho, tinggal campurin semuanya terus masukin kulkas atau freezer biar beku. Enak banget deh ini dinikmati selepas grounding juga sunbathing hihihihi ^_^








 

Untuk informasi lebih lengkapnya bisa cek di :

Website: https://cimory.com/
IG: https://www.instagram.com/cimoryindonesia/
Tiktok: https://www.tiktok.com?@cimoryindonesia

Sumber tulisan : 
https://sman3mtr.sch.id/berita/proses-autophagi-autolisis-dalam-puasa

Tidak ada komentar