Optimalkan Kesehatan Saluran Cerna : Kunci Kesehatan Jangka Panjang Anak Kelahiran Caesar

Mengenang Moment Melahirkan yang Penuh Keajaiban!


Proses persalinan itu akan menjadi moment yang tak terlupakan buatku, aku berusaha bisa melahirkan secara normal dan minim trauma. Yup, mengingat banyak yang cerita kalau proses melahirkan secara caesar itu sakitnya dobel, belum lagi proses penyembuhannya! Well, namanya manusia hanya bisa berusaha dan berdoa hasilnya kita serahkan sama Allah. 

Qadarullah, aku dikasih kenikmatan dobel sama Allah buat bisa merasakan gimana rasanya melahirkan secara normal dan secara caesar! Hah? Gimana ceritanya? Iya, aku udah ngerasain sampai pembukaan 10, tapi ternyata bayiku gede, beratnya lebih besar dari perkiraan, sementara panggulku agak sempit jadilah upaya mengeluarkan secara caesar menjadi pilihan terbaik kala itu. 

Awalnya aku kecewa sih, karena semua tak berjalan sesuai dengan apa yang ku inginkan. Alhamdulillah suami menguatkan kala itu dan lahirlah Tuan Muda, buah hati yang kehadirannya kami tunggu 7 tahun :)





Jumlah Kelahiran Secara Caesar Terus Mengingkat!


Menurut penelitian baru dari WHO, penggunaan operasi caesar meningkat secara global, terhitung lebih dari 1 dari 5 (21%) persalinan. Sedangkan dalam skala nasional sebesar 17, 6% (RISKESDAS, 2018).

Diprediksi akan terus meningkat di dekade mendatang. Di Indonesia, tingkat persalinan caesar naik 2x lipat dalam 5 tahun. Ada banyak faktor dibalik peningkatan angaka caesar, termsauk indikasi klinis dan faktor non klinis. Faktanya, persalinan caesar memiliki konsekuensi kesehatan 

Metode kelahiran caesar memiliki konsekuensi kesehatan jangka pendek dan panjang bagi ibu dan anak. Ibu hamil perlu memahami akibat-akibat tersebut dan cara mengatasinya, dan hal ini perlu dipersiapkan sebelum proses persalinan agar kondisi kesehatan ibu dan anak dapat optimal.


Optimalkan Kesehatan Saluran Cerna : Kunci Kesehatan Jangka Panjang Anak Kelahiran Caesar


April merupakan C-Section Awareness Month, Danone Specialized Nutrition Indonesia mengadakan program edukasi kesehatan bernama Bicara Gizi bertema "Kunci Kesehatan Jangka Panjang Anak Kelahiran Caesar" pada 5 April 2023 melalui webinar dengan narasumber yang kompeten dibidangnya yaitu :

  • Dr. dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A (K), Dokter Spesialis Anak Konsultan Gastrohepatologi
  • Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK Medical and Scientific Affairs Director Danone Indonesia
  • Zivanna Letisha Siregar, Miss Universe Indonesia 2009 dan Ibu 3 Anak




Salah satu risiko kesehatan yang dialami anak akibat metode caesar adalah anak mengalami ketidakseimbangan mikrobiota diususnya, yang mengakibatkan disbiosis usus dan gangguan sistem imun. Komposisi mikrobiota usus yang seimbang diperlukan untuk mengembangkan toleransi kekebalan. Orang tua perlu mengetahui upaya apa saja yang harus dilakukan untuk menjaga keseimbangan mikrobiota saluran cerna anak yang dilahirkan melalui operasu caesar agar daya tahan tubuhnya tetap prima. 

Kehidupan awal anak kelahiran caesar sangatlah penting, untuk mengembalikan profil mikrobiota agar seimbang. Pemberian ASI ekslusif adalah cara terbaik untuk menyeimbangkan profil mikrobiota. ASI mengandung semua yang dibutuhkan bayi, sperti lemak, karbohidrat dan protein. Namun mungkin masih banyak yang belum tahu, bahwa ASI mengandung juga sinbiotik. Sinbiotik adalah prebiotik dan probiotik yang bersinergi membentuk sistem imun yang baik dengan mendukung interaksi antara sistem imun dengan bakteri saluran cerna.


"Saluran cerna merupakan kunci kesehatan jangka panjang anak kelahiran caesar"

Menjaga kesehatan tubuh artinya juga menjaga keberagaman dan keseimbangan mikrobioma. Ternyata 70-80% sistem kekebalan tubuh manusia berada di usus. Hal ini tidak leaps dari peran penghuninya, yaitu mikrobioma usus. Mereka ‘mengajarkan” sel-sel kekebalan tubuh agar berfungsi dengan baik. Tak hanya itu, mikrobioma pun berperan di semua sistem tubuh. Percaya atau tidak, jumlah sel mikroba di tubuh manusia lebih banyak daripada jumlah sel manusia itu sendiri. Dan mikrobioma itu hidupnya berkomunitas, mereka bisa bertahan jika tersedia dalam jenis yang beragam dan seimbang, untuk menjalankan perannya masing-masing. Jadi menjaga kesehatan tubuh artinya juga menjaga keberaaman dan keseimbangan mikrobioma.


"Semua ibu pasti sebisa mugkin ingin melahirkan secara normal. Sejak zaman dahulu yang namanya melahirkan normal lewat vagina atau lahir spontan adalah proses melahirkan terbaik" karena lahir alami tanpa operasi. Karena melahirkan secara caesar memiliki dampak yang ditimbulkan terkait dengan kesehatan pencernaan. Perbedaan jalan lahir mempengaruhi komposisi mikrobiota saluran cerna", ujar Dr. dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A (K).



Seseorang itu memiliki mikrobiota bukan hanya di usus, tapi diseluruh bagian tubuhnya, di mulut, lidah, hidung, liur, kulit, usus dsb. 

Pada saat seorang ibu melahirkan ada bayak mikrobiota, bayi itu akan lahir melaui proses yang berbeda sehingga yang ditemui pertama kali oleh si bayi adalah kuman yang ada di vagina ibu, apalabila melahirkan secara caesar dia kan keluar melalui kuman yang ada di kulit. Nanti akan bertunas di dalam tubuh so bayi mikrobiota yang sesuia dengan kulit ibu, yang terbaik adalah bakteri yang ada di vagina. 

Kalau moms misalnya terpaksa melahirkan caesar terutama karena indikasi medis, tidak perlu khawatir, kita bisa melakukan usaha-usaha untuk membuat keseimbangan saluran cerna kembali seperti semula, pemberian ASI, MPASI yang adekuat lebih banyak makan prebiotik dan probiotik. Penggunaan antibiotik berdasarkan indikasi/perintah dokter. Kalau keseimbangan saluran cernanya baik  maka pertumbuhan dan perkembangan metabolisme akan bekerja dengan baik juga.


Butuh berapa lama untuk menyeimbangkan jumlah bakteri baiknya jika mengalami persalinan caesar? Tergantung seberapa cepat ketidakseimbangan itu diseimbangkan? Kalau yang masuk bakteri baik duluan, maka si bakteri ini bisa menempati lebih banyak. Untuk itu diberikan bakteri baik secepat mungkin dan sebanyak mungkin, misalnya diberikan ASI segera mungkin untuk menyeimbngkan kebradaan bakteri baik secara konstan. 

Bagimana cara nya kita tahu bahwa Mikrobiota sudah seimbang? Keseimbangan saluran cernanya itu bisa kita nilai dari secara klinis dari sehari-hari. Misalnya tidak ada keluhan, pertumbuhan dan perkembanagan baik, mood bagus, nda gampang sait, anaknya happy aktif. Kalau komposisi saluran cerna bisa diperiksa sebenarnya, pada saat kita sedang sakit, minum antibiotik, makan tidak sehat itu akan mempengaruhi keseimbangan mikrobiota salauran cerna. Berikan prebiotik dan probiotik nya cukup agar bakteri baiknya jumlahnya lebih banyak daripada bakteri jahat. 



C-Section Awareness Month 

"Parenting itu bagian terbesarnya adalah pengetahuan, pengetahuan itu wajib diperoleh/dipelajari dari sumber-sumber terpercaya. Danone Indonesia ingin menjadi mitra terbaik utuk menjadi tempat mencari pengetahuan terutama dibidang C-section", ungkap Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK Medical and Scientific Affairs Director Danone Indonesia.



Hasil survei Komunitas Teman Bumil menunjukkan bahwa kesadaran tentang dampak caesar masih belum cukup. Ternyata, sebanyak 81% Mama tidak tahu bahwa anak yang lahir caesar memiliki perbedaan mikrobiota saluran cerna dengan anak lahir normal. Sebanyak 87% Mama tidak tahu bahwa kelahiran caesar dapat menyebabkan ketidakseimbangan bakteri baik di saluran cerna yang berpengaruh pada sistem imun anak. 

Ada beberapa kekhawatiran orang tua tentang lahir secara caesar seperti, apa yang harus dilakukan supaya tumbuh kembang anak tetap normal dan baik? (64%), bagaimana cara memperkuat sistem imun anak yang lahir secara caesar? (20%), dan apakah bisa sitem imunnya diperkuat dengan pemebrian nutrisi yang tepat? (10%).

Langkah konkrit untuk meningkatkan kesadaran mengenai dampak kesehatan pada anak kelahiran caesar melalui edukasi secara multicahnnel kepada para ibu di seluruh Indonesia! Danone Indonesia mempersembahkan C-Section Awareness Month melalui promosi kesehatan untuk optimalkan kesehatan anak lahir caesar. Danone Indonesia berkomitmen untuk terus mendukung kesehatan anak Indonesia, termasuk anak dengan metode kelahiran caesar.

Maka dari itu, Danone Indonesia menyiapkan situs khusus serba-serbi kelahiran caesar untuk kesehatan ibu dan anak. Situs ini dapat diakses secara gratis. Kampanye digital satu bulan penuh mengenai mengoptimalkan kesehatan (tumbuh kembang) anak lahir caesar melalui : 
  • Artikel 
  • Infografis
  • Live Webinar
  • Live Sharing
  • Video Edukasi
Seluruh materi kampanye ini sudah divalidasi oleh dokter anak. Kampanye ditayangkan di berbagai platform serta aplikasi kesehatan yang terpercaya!



Sharing Moment bersama Zivanna Letisha Siregar

"Bagi para ibu yang melahirkan secara caesar, harus tetap percaya diri bahwa kita adalah ibu yang baik yang selalu berusaha melakukan yang terbaik untuk anak-anak. Meskipun banyak stigma tentang metode kelahiran caesar, sebaiknya kita fokus saja untuk menyiapkan dan melakukan yang terbaik untuk ibu dan anak agar dapat mengoptimalkan kesehatan jangka pendek dan jangka panjang", ungkap Zivanna Letisha Siregar, Miss Universe Indonesia 2009 dan Ibu 3 Anak. 

Tetap semangat buat Moms yang melahirkan ceasar, bersama-sama bergandengan tangan dengan moms yang melahirkan caesar. Kita nda sendirian kok, inget yang penting Moms itu happy, karena bukan masalah lahiran normal atau caesar, tapi bagaimana kita mendidik anak, memberikan gizi terbaik dll.




Tidak ada komentar