Pantau Tumbuh Kembang Anak secara Mudah dengan Aplikasi PrimaKu


Seneng deh rasanya bisa pantau tumbuh kembang anak secara mudah hanya dengan menggunakan aplikasi PrimaKu. Yes, sebagai ibu baru tentunya banyak yang hal yang dipelajari dan momen tumbuh kembang anak emang menjadi tanggung jawab kita sebagai orangtua yang nda boleh dilewatkan gitu aja. Ngomongin soal aplikasi PrimaKu ini aku awalnya sudah tahu cukup lama, tapi baru donwload saat Tuan Muda lahir itupun karena direkomendasiin sama DSA saat kontrol imunisasi. Btw udah pada tahu aplikasi PrimaKu belum nih? atau udah ada yang pakai? 


"Bunda, sudah punya aplikasi PrimaKu? Disitu kita bisa pantau tumbuh kembang anak secara mudah, ada jawal imunisasinya juga lho bunda," begitu kata DSA disela-sela pembicaraan kami saat konsultasi tumbuh kembang Tuan Muda. 


Pantau Tumbuh Kembang Anak secara Mudah dengan Aplikasi PrimaKu


Saat ini keterlambatan perkembangan anak hingga stunting masih menjadi masalah serius di negara maju maupun negara berkembang. Di Indonesia lebih dari 50% anak usia di bawah 5 tahun mengalami gangguan tumbuh kembang dan lebih dari 20% mengalami stunting atau gizi buruk. 

Masalah stunting ini emang cukup komplek dan serius, makanya pemantauan tumbuh kembang itu penting banget. Ingat 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK), dimana mulai dari momen hamil hingga anak berusia 2 tahun, adalah awal penentu dari masa depan anak. 

Menanggapi serta menjawab permasalahan tersebut, PT. Cipta Medika Informasi (PrimaKu), yang merupakan mitra terpercaya Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), berusaha menghadirkan aplikasi monitoring digital didukung dengan fitur-fitur terbaik sebagai solusi untuk membantu para orangtua dalam hal pemenuhan kebutuhan tumbuh kembang anak.


Tentang PrimaKu

PrimaKu adalah aplikasi kesehatan digital anak pertama di Indonesia yang berfungsi untuk membantu orangtua memantau tumbuh kembang anak dengan desain user experience yang intuitif. Isi dan rekomendasi yang terdapat di dalam PrimaKu dibuat dan disupervisi oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI).

Aplikasi PrimaKu sudah resmi di-launch pada 23 Juli 2018, bertepatan dengan Hari Anak Nasional. Apliaksi ini dapat membantu dan mempermudah orangtua di Indonesia untuk memantau tumbuh kembang anak sejak lahir secara berkala dan berkelanjutan. Aplikasi PrimaKu ini bisa diunduh di Playstore.


Cara Penggunaan Aplikasi PrimaKu

Setelah donwload di playstore, lalu sign up/in, isi data anak kita mulai dari nama, berat badan, tinggi badan, tanggal lahir, jenis kelamin serta tinggi badan orang tua. 


PrimaKu adalah aplikasi kesehatan digital anak pertama di Indonesia yang berfungsi untuk membantu orangtua memantau tumbuh kembang anak dengan desain user experience yang intuitif. Isi dan rekomendasi yang terdapat di dalam PrimaKu dibuat dan disupervisi oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI).


Fitur-fitur Unggulan dari Aplikasi PrimaKu 

Aplikasi PrimaKu ini memiliki fitur-fitur yang bisa dibilang lengkap. Apa aja sih fiturnya? Bisa cek tabel di bawah ini ya! Nanti akan aku jelaskan fungsi dari fitur-fitur ini apa aja secara lebih detail, simak tulisan ini sampai akhir ya ^_^

                                             

Setelah donwload, tampilan pertama akan berisikan seperti gambar di bawah ini. Semua fitur bisa dilihat di sini. Tinggal klik-klik aja bagian mana yang ingin kita cek. Oke aku akan kulik satu persatu fiturnya ya! 


  • Fitur Imunisasi            
Fitur imunisasi ini memudahkan para orangtua karena terdapat jadwal imunisasi anak sesuai jadwal dari IDAI dan jadwal dari PPI secara update hingga anak berusia 18 tahun. Dilengkapi juga dengan catatan imunisasi apa aja yang sudah, mana yang belum. Adanya fitur ini menghindari kita agar tidak lupa atau terlewat jadwal imunisasi anak.

Oiya, ada juga penjelasan detail mengenai jenis imunisasi. Misalnya rotavirus ini untuk mecegah apa, jenis imunisasinya apa, indikasi, kontra indikasi dan imunisasi kejar. Gimana komplit banget nda tuh, jadi bisa sekalian belajar kan kita. Nda jadi orangtua yang pasrah aja sama dokternya gitu, asal anak disuntik aja hehehe!

                                 


  • Fitur Konsultasi, Komunitas dan Artikel
Adanya fitur konsultasi online dimasa pandemi seperti ini tentunya menjadi penyelamat juga penolong buat orangtua, dimana orang tua bisa melakukan chat, call, hingga video call dengan dokter anak di aplikasi PrimaKu. Fitur komunitas, ini berfaedah banget karena kita bisa sharing sekaligus menyimak pengalaman dari para orangtua lainnya tentang tumbuh kembang anak dll. Nah, di fitur artikel memuat tentang artikel kesehatan, tumbuh kembang, nutrisi, tips dll yang disesuaikan juga berdasarkan kategori umur anak. Tenang nda usah khawatir semua artikel yang dipublish di sini itu ditulis oleh dokter spesialis anak dan di bawah pengawasan oleh IDAI. 


  • Fitur Pertumbuhan

Setelah memasukkan data tinggi badan, berat badan, dan lingkar kepala nanti akan mendapatkan data status gizi anak. Apakah tinggi, berat dan lingkar kepalanya normal atau tidak. Distitu ditampilakn juga grafik interpretasi WHO dari tunggi badan terhadap usia, panjang badan menurut usia dan index massa tubuh menurut usia dan lingkar kepala menurut usia sesuai jenis kelaminnya. 

Riwayat data hasil pengukuran bulan-bulan sebelumnya juga tampak diterlihat di tabel tersebut, hingga hasil pengukuran terbaru juga muncul jadi satu dalam tiap grafik. Nah dari situ kita bisa melihat bagaimana status perkembangan anak kita. Selain itu, diberikan pula rekomendasi pada bagian yang diperlukan, mislanya jika berat badan anak kurang, maka akan muncul rekomendasi untuk berkonsultasi dengan dokter anak. 

Oiya di bawah 5 tahun pakainya adalah grafik WHO, sedangkan diatas 5 tahun pakainya grafik. 

Garis hijau yang ada ditengah dianggap berat badan target. Average tujuannya yang paling utama adalah untuk jadi guideline kita pada anak bertumbuh, penambahan berat badan anak sebaiknya sejajar dengan garis hijau. Pertumbuhannya yang kita jadikan tolak ukur, apakah beratn badan anak kita udah cukup atau apakah kurang!

Misalnya nih, anak umur 1 tahun, beratnya 11 kg, laki-laki. Adanya di atas garis hijau. Anak ini berati udah normal ya, nah tapi kita juga harus lihat berat badan sebelumnya. Misalkan di 11 bulan ada di 11,5 walaupun udah diats garis hijau tapi kok pertumbuhannya tidak sejajar. Penempatannya disatu linear /sejajar dengan garis hijau atau enggak?



  • Grafik Perkembangan 

Anak saya umur sekian harusnya udah bisa apa ya terus stimulasinya apa ya dok? Pertanyaan yang sering banget kita jumpai. Nah, di fitur buku anak ini sudah dijelaskan secara lengkap lho! Kita bisa klik fitur buku anak, lalu akan muncul pertumbuhan dan perkembangan. Klik bagian perkembangan akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini.

Jadi kita bisa melihat stimulasi perkembangan anak berdasarkan usia, dilengkapi dengan gerak kasar, gerak halus, bicara dan bahasa dan sosial kemandirian. Selain itu kita juga bisa memerika tahal perkembangan anak berdasarkan usia, dengan menjawab beberapa pertanyaan dan jawaban yang di isi ini akan bisa mendeteksi perkembangan anak kita. Apakah anak kita normal atau tidak berdarkan usianya. 


Webinar Monitor Tumbuh Kembang Anak Bersama PrimaKu

Seneng banget deh bisa tambah ilmu lagi seputar parenting, jadi hari Kamis 16 Desember 2021 aku berkesempatan untuk mengikuti webinar dengan topik "Monitor Tumbuh Kembang Anak Bersama PrimaKu" yang dihadiri oleh narasumber yang kompeten dibidangnya yakni dr. Miza Dito Afrizal, Sp.A, BmedSci, M.Kes selaku Dokter Spesial Kesehatan Anak dan Moms Influencer Tania Ray Mina.


Orangtua memiliki tanggungjawab untuk monitoring tumbuh kembang anak, yup memastikan anak kita bertumbuh dan berkembang dengan baik, apa parameternya? Oke, mari kita samakan persepsi dulu ya apa itu tumbuh dan berkembang. 

Pertumbuhan ditandai dengan adanya penambanhan volume, penambhan berat badan, penambahan tinggi badan, fan penambahan lingkar kepala. Sedangkan Perkembangan adanya penambahan kemampuan bayi atau skill, misalnya mulai dari bayi bisa tengkurep, merangkak, duduk, dll. Istilah kecenya kalau perkembangan kita pakai milestone.


Sebagai dokter anak dr. Miza sapaan akrabnya, sangat merekomendasikan aplikasi PrimaKu ini karena memang bisa bantu banget orangtua sekaligus tenaga kesehatan dalam memantau tumbuh kembang anak. Orangtua sering ke skip jadwal imunisasi anak, kadang lupa imunisasi apa yang belum? Tak jarang juga nda paham imunisasi rotavirus misalnya, ini fungsinya untuk apa? Nah, di aplikasi PrimaKu ini sudah lengkap dijelaskan secara detail jenis-jenis imunisasi. 

Kalau ditanya dok, imunisasi itu wajib nda sih? Jawabannya WAJIB! Ngomomgnya sampai dilevel kebutuhan. Imunisasi itu hak anak, kalau orangtua mampu ya sebaiknya penuhi imunisasi selengkap-lengkapnya. 

Ada suatu momen dimana Tuan Muda pernah batuk pilek karena tertular orangtuanya, alhamdulillah karena sudah imunisasi influenza proses sembuhnya juga cepat tanpa minum obat. Beda halnya dengan keponakan yang belum imunisasi influenza yang waktu itu terkena batuk pilek juga, proses sembuhnya cukup lama padahal sudah minum obat. Iya itu semua tergantung juga dengan daya tahan tubuh anak masing-masing, tapi intinya yang namanya imunisasi itu mengurangi gejala berat jika kita terkena suatu penyakit. 

Catatan dari dr. Miza nih, anak di bawah 2 tahun harus ditimbang berat badan tinggi badan, lingar kepala setiap bulannya sedangkan anak di atas 2 tahun idelanya minimal 3 bulan sekali untuk melakukan pengecekan berat badan, tinggi dan lingkar kepala. 


Pengalamanku Menggunakan Aplikasi PrimaKu

Sebagai orangtua baru aku sangat terbantu dengan adanya aplikasi PrimaKu ini, tampilan dan fiturnya sekarang jauh lebih kece dan lengkap beneran memudahkan kita as parents untuk pantau tumbuh kembang anak secara mudah. Nda ada drama lagi deh buku kontrol ketinggalan saat mau imunisasi anak, namanya juga bukibuk ya terlalu banyak yang diurusin saking multitaskingnya so wajar aja kalau lupa pas ditanya besok jadwal imunisasi apa ya? Hahaha...

Fitur yang menarik perhatian buat ku adalah buku anak, dimana ada grafik pertumbuhan dan perkembangan yang dijelaskan secara detail. Awalnya aku bingung sih pas baca grafiknya, setelah dijelaskan oleh dr. Miza jadi lebih paham. Biasanya tiap habis imunisasi kan selalu cek tuh berat badan, tinggi badan dan lingkar kepala nah yang ploting dibuku kontrol anak itu DSA nya jadi aku terima beres wkwkwk. Nanti hasil grafiknya akan dibacain. Beruntung banget emang aku ketemu DSA yang baik banget, komunikatif, edukatif dan selalu ingetin jadwal imunisasi ;)

Buat kalian para orangtua yang ingin pantau tumbuh kembang anak secara mudah, kuy download apliaksi PrimaKu ya! 




1 komentar

  1. bagus ya, lengkap aplikasinya, ini mah wajib diinstal oleh para ortu buat liat pertumbuhan anak secara cepat dan tepat

    BalasHapus