Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold : Merencanakan Kehamilan Sehat dan Bahagia

Unforgettable Moment : Yes, Alhamdulillah I’m Pregnant! 

Akhir 2019 menjadi momen yang tak terlupakan buat aku, suami, dan keluarga besarku. Yup, momen dimana Allah memberikan rezeki yang tak terduga sekaligus amanah yang sungguh mengejutkan dan membahagiakan setelah penantian 7 tahun. 

Kehamilan pertama yang membuatku dihujani banyak selamat dan doa dari keluarga besarku dan juga teman-temanku. Pasalnya mereka tahu penantian kami untuk mendapatkan momongan tidaklah sebentar. 

Jadi sekitar awal tahun 2019 itu, aku dan suamiku emang sepakat untuk lebih serius lagi merencanakan kehamilan. Sebelumnya ya semangat sih, tapi emang kurang optimal aja. Masih ingat ketika kala itu suamiku bilang begini : “Mama, nanti kalau misalnya belum berhasil dengan cara yang alami kita coba inseminasi ya! Aku yang denger perkataan suamiku itu seketika langsung deg. Lalu aku mengiyakan dengan nada pasrah dan penuh harap berdoa semoga kali ini berhasil (aku takut banget emang menjalani proses inseminasi). Alhamdulillah, ini adalah foto kehamilanku saat memasuki trimester kedua. 


Pentingnya Merencanakan Kehamilan!


Buat aku pribadi merencanakan kehamilan itu penting banget, apalagi kala itu usiaku udah di atas 30 tahun. Aku ingin bisa ngerasain hamil yang sehat, bahagia dan tetap produktif. Karena saat itu aku masih bekerja. 

Well, kehamilan bukanlah hal yang mudah untuk dijalani, itu sebabnya merencanakan kehamilan penting untuk dilakukan. Banyak hal yang harus dipersiapkan ketika kita merencanakan kehamilan, misalnya nutrisi yang diperlukan sebelum kehamilan. Kehamilan yang tidak direncanakan dengan baik dapat memberi dampak buruk bagi ibu dan bayinya. 


Lalu, apa saja yang harus dipersiapkan saat merencanakan kehamilan?


  • Memiliki berat badan ideal

Ini yang jadi salah satu permasalahanku, karena aku belum memiliki berat badan yang ideal. Masuk kategori kurus, kala itu aku masih butuh sekitar 3kg lagi untuk memiliki berat badan ideal. Memiliki berat badan normal dalam masa merencanakan kehamilan dapat menurunkan risiko mengalami komplikasi saat telah hamil nanti, misalnya hipertensi atau tekanan darah tinggi dan diabetes gestasional.


  • Memperhatikan nutrisi sebelum kehamilan

Aku dan suamiku bertekad untuk mulai lagi menerapkan pola makan sehat. Makan dengan menu gizi seimbang atau yang sering disebut Isi Piringku. Jadi dalam setiap kali makan menunya harus ada karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral. Cemilannya buah-buahan segar atau umbi-umbian yang dikukus. Belajar mengurangi makanan instan, kemasan, junk food. Sering bawa bekal juga saat ke kantor. 




  • Mengonsumsi suplemen vitamin

Mengonsumsi suplemen vitamin juga menjadi poin penting dalam merencanakan kehamilan. Hal ini dibutuhkan untuk melengkapi kebutuhan zat gizi tertentu yang mungkin tidak atau kurang terpenuhi dari makanan sehari-hari. Asupan vitamin B atau asam folat sebelum hamil penting untuk diperhatikan dalam merencanakan kehamilan. 

Psalnya, berdasarkan Center of Disease Control and Prevention, seorang wanita yang hendak hamil setidaknya harus memiliki asupan asam folat yang cukup di dalam tubuhnya. Hal ini tidak hanya berlaku pada saat hamil saja, namun juga saat merencanakan kehamilan. Karena nutrisi ini dapat membantu mencegah terjdinya cacat lahir, khusunya pada otak dan tulang belakang bayi.

Selain asam folat, yang penting untuk diperhatikan dalam merencankan kehamilan adalah suplemen zat besi, vitamin D, vitamin A juga kalsium. Mengonsumsi suplemen vitamin saat merencanakan kehamilan atau selama kehamilan dapat membantu memenuhi kebutuhan zat gizi penting selama kehamilan.

Saat hamil, kebutuhan zat besi bunda meningkat terkait kebutuhan zat besi untuk pembentukan sel darah merah janin dan juga peningkatan produksi sel darah merah.

Sebelum memutuskan untuk mengonsumsi suplemen vitamin ini, ada baiknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu. Karena terlalu banyak asupan vitamin juga dapat berdampak buruk. Intinya konsumsi sesuai dengan apa yang bunda butuhkan ya😉




  • Rutin berolahraga 

Kebiasaan olahraga ini juga penting untuk membuat tubuh dan badan tetap sehat, bugar dan untuk meningkatkan imun. Minimal 30 menit sehari, aku biasanya jogging, yoga atau lari-lari kecil, sesekali berenang atau bersepeda. 

Olahraga mampu membuat kita merasa bahagia, lebih semangat dalam menjalani hari karena saat berolahraga kita melepaskan hormon endorfin yang memicu perasaan senang, tenang dan bahagia. 




  • Kelola stres dengan bijak

Stres merupakan hal yang mungkin sulit kita hindari tapi dapat kita cegah hehehe. Selama merencanakan kehamilan, pastikan bahwa kita dalam keadaan sehat dan tidak ada hal yang mengganggu pikiran. Saat merencanakan kehamilan, lakukanlah hal-hal yang membuat bunda senang dan tenang. Misalnya saat jenuh dengan rutinitas, coba balikin mood dengan nonton drama komedi, berkebun atau membaca buku. 


Pentingnya Asam Folat, Zat Besi, Vitamin D, juga Kalsium dalam Merencanakan Kehamilan


Dikutip dari laman Maternal and Early years, The Scientific Advisory Committee on Nutrition menyatakan bahwa banyak faktor yang menjadi penentu pertumbuhan janin yang terjadi selama merencanakan kehamilan. 

Pasalnya, status gizi ibu saat merencanakan kehamilan turut mempengaruhi kemampuan tubuh ibu dalam memenuhi kebutuhan gizi yang diperlukan oleh janin saat berhasil hamil nanti. Pemenuhan kebutuhan gizi ibu dan bayi harus dilakukan berkelanjutan sampai bayi lahir. 

Salah satu contoh zat gizi yang perlu dipersipakan ibu saat persiapan kehamilan adalah asam folat. Kekurangan asam folat baik sebelum maupun selama kehamilan dapat meningkatkan risiko cacat lahir pada bayi. Zat gizi lain yang juga harus dipenuhi ibu selama kehamilan adalah zat besi.

Kekurangan zat besi selama kehamilan dapat menyebabkan ibu mengalami anemia saat hamil. Kekurangaan vitamin D dan kalsium selama kehamilan juga dapat mempengaruhi pembentukan tulang pada bayi. Kekurangan berbagai nutrisi ini bisa terjadi karena ibu hamil tidak merencanakan kehamilannya dengan baik.

Selain zat gizi, hal lain yang juga harus diperhatikan ibu dalam merencanakan kehamilan adalah berat badan. Kelebihan berat badan atau obesitas pada ibu sebelum ia hamil dapat meningkatkan risiko ibu mengalami diabetes saat kehamilan dan hipertensi.

       


Cerita Tentang Perencanaan Kehamilanku


Aku ingin berbagi apa aja yang saat itu aku dan suamiku lakukan saat menjalani program hamil. Monggo disimak sambil dicatat hihihi. 


  • Cek Kesehatan 

Pertama hal yang kami lakukan adalah mendatangi dokter kandungan, berkonsultasi untuk program hamil (again hehehe). Karena sebelumnya kami udah melakukan serangkaian tes kesehatan. Biasanya dokter akan merekomendasikan apa aja yang harus dicek, seperti kadar HB, zat besi, kadar vitamin D, kadar kolesterol, gula darah dll. Tujuannya untuk memastikan apakah kondisi tubuh kita ada yang kekurangan zat tersebut, agar bisa diberikan suplemen vitamin sesuai dengan yang dibutuhkan. 

Waktu itu aku diberikan sejumlah vitamin diantaranya ada asam folat, vitamin D, zat besi dan kalsium. Wooow banyak banget ya yang diminum. 


  • Kontrol ke dokter gigi

Aku emang rutin kontrol atau cek kesehatan gigi setiap 6 bulan sekali, mulai dari membersihkan karang gigi dan cek apakah ada gigi yang lubang. Kesehatan gigi dan mulut bisa mempengaruhi kesehatan kehamilan lho! 


  • Makan makanan bernutrisi

Bukan yang penting kenyang tapi perhatikan kandungan nutrisi yang kita konsumsi dalam sehari-hari. Aku sampai buat meal plan segala lho demi tercapainya nutrisi harianku. Karbohidrat, protein, lemak, sayuran dan buah-buahan diusahakan beragam setiap harinya agar nda bosen dan terpenuhi kebutuhan gizinya. Dalam seminggu aku ada 2-3 kali bikin smothies, buat kudapan sehat biar lebih bervariasi. 




  • Olahraga Bersama Suami

Weekend waktunya kita olahraga bersama. Awalnya dia nda mau yoga, karena yoga merupakan salah satu olahraga yang disarankan oleh dokter dan memiliki banyak manfaat. Akhirnya kita mencoba yoga bersama bermodal melihat dari youtube hehehe. Selain yoga, sesekali kami berenang atau jogging.



  • Berjemur 

Ini sering aku lakukan saat merencanakan progam hamil sampai sekarangpun masih rutin berjemur. Hampir tiap hari aku lakukan, minimal 30 menit dalam sehari. Waktunya sesempetnya jam berapa aja, rutinnya biasanya jam 7 pagi, kadang jam 8 bahkan jam 10an juga pernah. Kalau udah kena sengatan matahari tuh enak aja rasanya, bikin tidur jadi lebih lelap dan suasana hati juga lebih happy aja rasanya! 


  • Saling Support

Ada kalanya kita lelah dalam berusaha, merasa drop itu hal wajar sih. Oleh karena itu kita harus saling menguatkan, kalau istrinya lagi drop…suami ada untuk berikan supportnya begitu sebaliknya. Kita sering berpelukan untuk saling menguatkan 😉 

Cara kami untuk saling support satu sama lain salah satunya dengan ikut seminar tentang fertilitas, di sini kita juga kumpul bersama para pejuang hamil jadi bisa saling sharing dan menguatkan. 



  • Berdoa 

Doanya dikencengin, waktu itu aku sampai minta didoain sama temen-temenku yang lagi pada hamil. Minta didoain semoga hamilnya nular ke aku. Terus aku sama suamiku juga ada bacaan khusus atau doa yang dibaca selepas sholat. Tak lupa juga untuk bersedekah dan sering-sering bikin orang bahagia 😊 



Pengalamanku Merencanakan Kehamilan Sehat dan Bahagia Bersama Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold




  • Bunda ingin kehamilan sehat?
  • Minum asam folat saat hamil? (X)
  • Minum asam folat minimal 1 bulan sebelum hamil (V)

Yes, tak jarang dari kita baru minum asam folat setelah hamil. Karena bukan kehamilan yang direncanakan jadi seringnya ya telat minumnya. Beda sama kehamilan yang memang direncanakan dan dipersipakan dengan sebaik mungkin *tsahhh

Asam folat adalah vitamin yang berperan penting pada periode pembelahan dan pertumbuhan sel di dalam tubuh. Asam folat juga dapat meningkatkan kesuburan laki-laki dan perempuan, mencegah keguguran. Studi menunjukkan asam folat terbukti menurunkan risiko : 

  • BB bayi lahir rendah
  • Kelainan saraf pada bayi, spina bfida (kelainan pada rangka sumsum belakang), tumor otak
  • Kelainan jantung bayi

Kadar asam folat yang dianjurkan untuk program hamil adalah 400 mmg per hari. Dikonsumsi setiap hari sejak merencanakan kehamilan (minimal 1 bulan sebelum hamil) sampai usia kehamilan 13 minggu. Contoh makanan yang mengandung asam folat tinggi diantaranya adalah, brokoli, kubis, kembang kol, sayur hijau, jamur, alpukat, jeruk, kacang-kacangan, telur


Aku Pilih Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold, Why?


Untuk mendukung proses perencanaan kehamilanku ini, aku pilih mengonsumsi Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold. Why? Karena kandungan vitaminnya sesuai dengan apa yang aku butuhkan dan lengkap dalam satu kapsul. 

"Saat itu ada yang nanya, kok minumnya suplemen untuk ibu hamil dan menyusui sih? Lalu aku jawab, ya gak papa daripada minum banyak kapsul. Ini kan jadi lebih ringkes 2 kapsul sehari udah mencukupi kebutuhan asupan vitamin dan mineral yang aku butuhkan". Kalau nanti hamil dan menyusui tinggal dilanjutin aja!

Singkat cerita aku kenal sama Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold ini karena direkomendasikan oleh temenku yang duluan hamil dan menyusui. Aku coba baca-baca terlebih dahulu komposisinya apa sebelum memutuskan untuk membelinya. 

Hingga mulai pertengahan 2019 aku memutuskan untuk mengonsumsinya atas persetujuan dokter kandungan ku kala itu. Buat aku yang agak males minum kapsul ini jadi cukup membantu sih karena hanya dengan mengonsumi 2 kapsul saja sehari sudah mampu mencukupi kebutuhan asam folat, zat besi, vitamin D, kalsium yang memang kala itu ini yang aku butuhkan. Biasanya sehari aku ada minum 4 kapsul, ini jadi lebih ringkes aja walaupun kapsulnya ukurannya gede sih wkwkwk. Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold ini juga udah bersertifikat Halal MUI, dikemas dalam botol kaca untuk menjaga kualitas dan lebih ramah lingkungan. Aku juga suka ngumpulin botol yang udah abis isinya, siapa tau nanti ada program Blackmores tukar botol hehehe. 



Oiya yang paling aku suka dari Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold ini selain kandungan vitamin dan mineralnya yang lengkap, juga nda bikin sembelit. Kadang tuh minum suplemen zat besi suka bikin sembelit kan! Dan alhamdulillah ini aman diperutku. Selain itu nda bikin mual dan nda berbau kapsulnya. 





Blackmores Always Does More


Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold penting bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. 1000 HPK merupakan periode percepatan tumbuh kembang yang dimulai sejak terbentuknya janin dalam kandungan hingga anak berusia 2 tahun.




Keunggulan Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold :

  • Dosis disesuaikan berdasarkan kebutuhan ibu hamil dan menyusui di Indonesia
  • Zat besi yang berasal dari besi fumarat, tidak menyebabkan konstipasi
  • Dosis kalsium dan DHA yang tinggi
  • Mengandung lapisan ganda (vitamin & mineral esensial dalam 1 lapis dan diperkaya dengan lapisan fitonutrien pada lapisan lainnya.
  • Diperkaya asam folat dan 17 nutrisi essensial untuk perkembangan janin
  • Membantu menjaga kualitas ASI selama menyusui
  • Bersertifikat Halal
  • Kemasan botol kaca untuk menjamin kualitas & ramah lingkungan




Kegunaan Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold : 

  • Mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan bagi ibu hamil dan menyusui
  • Mendukung kesehatan ibu dan perkembangan bayi pada masa 1000 hari pertama kehidupan




Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold, dikemas dalam 1 botol kaca berisi 60 kaplet (kapsul lunak) yang dibandrol dengan harga mulai Rp.270.000,- bisa dibeli di E-commerce seperti Tokopedia, Blibi, Lazada, Shopee, JD.ID, Zalora yang bertuliskan Official Store dan juga KALCare.


Tentang KALBE Blackmores Nutrition

FYI nih Bunda, jadi Blackmores ini diimpor oleh PT KALBE Blackmores Nutrition (KBN) yang merupakan perusahaan join venture antara KALBE Nutritionals dan Blackmores Ltd. Australia yang bergerak dalam penyediaan suplemen kesehatan. Blackmores hadir untuk menjawab kebutuhan masyarkat akan produk suplemen premium di Indonesia. KBN berkomitmen dalam menyediakan produk kesehatan berbahan dasar alami serta layanan yang berkualitas tinggi dan menyediakan suplemen kesehatan yang aman dan efektif. Ditunjang oleh distribusi yang kuat dan dilengkapai oleh layanan konsumen yang terpadu seperti customer care dan home delivery, untuk membantu kesehatan sehari-hari bunda dan keluarga.


Sedikit informasi terkait dengan informasi yang tercantum di label kemasan ya Bunda. Jadi, produk Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold ini diproduksi di Australia dan diimpor oleh PT. Kalbe Blackmores Nutrition, namun label yang tercantum pada kemasan sudah sesuai dengan regulasi BPOM yaitu PerkaBPOM Nomor 31 Tahun 2018 mengenai Label Pangan Olahan. Dalam label kemasan sudah ada QR Code nya, dan dalam QR Code tersebut memuat nomor izin edar dan masa berlaku izin edar atau waktu terbit izin edar. Posisi QR Code nya ada disebelah expired date dan batch produknya ya gaes. Kalau mau cek izin edar secara manual juga bisa nih, alamatnya di cekbpom.pom.go.id. Nih contoh hasil penelusurannya ya!



Selain itu dalam label kemasan juga tercantum logo halal ya bunda. Jadi aman buat dikonsumsi buat kita umat muslim. Memang untuk logo halalnya masih menggunakan logo halal LPPOM MUI ya, bukan logo halal yang baru yang diterbitkan oleh BPJPH. Ya masih pake logo halal LPPOM MUI karena kan logo halal BPJPH baru terbit di tahun ini. Hehehe. Tapi pasti nantinya jika masa izin edar akan habis dan diperpanjang atau ada perubahan desain label kemasan, pasti bakalan pake logo halal yang baru dari BPJPH. Nah terkait dengan halal ini, sudah saya cek dan sertifikat halalnya sudah dikonversi menjadi 4 tahun sesuai dengan PP Nomor 39 Tahun 2021 mengenai Penyelenggaraan Bidang Jaminan Produk Halal. Kalian bisa cek disini nih gaes info.halal.go.id/cari. Berikut hasil dari pencariannya ya. Masa berlaku sertifikat halalnya masih lama banget ya!




Blackmores Peduli Nutrisi Bunda : 
Tumbuh Kembang si Kecil berawal dari Bunda yang Sehat




Untuk mendukung pemenuhan multi-mikronutrien dan DHA di 1000 HPK, Blackmores jalankan aksi "Blackmores Peduli Nutrisi Bunda"

Kualitas hidup manusia ditentukan sejak awal janin bertumbuh di dalam kandungan seorang ibu, yang kita kenal dengan 1000 hari pertama kehidupan (HPK). Untuk itu penting banget bagi ibu untuk memperhatikan asupan nutrisi demi mendukung kesehatan ibu dan perkembangan buah hati dalam kandungan. 


Selain kebutuhan makronutrien seperti protein, lemak dan karbohidrat, ibu hamil juga wajib memenuhi asupan mikronutrien seperti asam folat, zat besi, yodium, kalsium, dan juga minyak ikan yang merupakan sumber DHA. Manfaat dari DHA ini salah satunya mampu mendukung perkembangan mata janin dan otak janin untuk merangsang kecerdasan sampai setelah lahir. DHA juga mampu mencegah kelahiran prematur, menurunkan resiko Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) hingga perkembangan jangka panjang anak. 


"Salah satu sumber DHA yang baik adalah melalui konsumsi ikan atau cara mudahnya bisa melalui minyak ikan sebagai sumber utamanya." ujar dr. Boy Abidin, Sp.OG selaku Dokter Spesialis Kandungan. Untuk itu, Food and Drug Administration (FDA) memberikan rekomendasi kepada wanita hamil untuk mengkonsumsi ikan sebanyak 225-350 gram ikan per minggu atau 300mg DHA setiap harinya. 


Mengingat pentingnya asupan nutrisi di masa kehamilan, Blackmores menggandeng FoodCycle Indonesia dan Yayasan Gita Pertiwi untuk berkolaborasi menghadirkan Program Blackmores Peduli Nutrisi Bunda. Program ini ditujukan guna mendukung ibu hamil khususnya di Kota Sola dalam memenuhi kebutuhan nutrisi Ibu dan Si Kecil. Kerjasama ini diwujudkan melalui suplementasi Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold sebanyak 12.000 botol kepada 2000 ibu hamil dan menyusui yang kurang mampu di Kota Sola.

Blackmores berkomitmen memberikan yang terbaik bagi Ibu dan Si Kecil, karaena kami percaya bahwa tumbuh kembang si kecil berawal dari Bunda yang sehat", ujar Tiffani Pratiwi Suwandi selaku Senior Brand Manager Blakkmores Pregnancy & Breastfeeding Gold. Blakkmores Pregnancy & Breastfeeding Gold merupakan salah satu produk unggulan dari Blackmores, karena memiliki kandungan nutrisi esensial yang dibutuhkan untuk bantu penuhi kebutuhan mikronutrien ibu dan si Kecil dimasa kehamilan dan menyusui.


Kasus BBLR dan stunting menjadi perhatian di Kota Sola, karena menurut Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Tengah setidaknya terdapat 17,59% kasus BBLR di Kota Solo. Jika dibandingkan dengan kota lain di Jawa Tengah, kasus yang terjadi di Kota Solo tergolong tinggi. 


Reni Andri Lestrai, ST, MM selaku Kabid Pemerintah dan Pembangunan Manusia BAPPEDA Kota Surakarta, menungkapkan betapa pentingnya memberikan edukasi kepada para ibu hamil terkait Kasus BBLR yang masih tergolong tingi. Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada Blackmores yang telah memulai inisiatif kepeduliannya dengan memberikan aksi secara langsung untuk membantu mengantisipasi terjadinya BBLR lewat pemenuhan kebutuhan mltimikronutrien daru suplemen.


Selvi Ananda Gibran, Ketua TP PKK Kota Surakarta juga menambahkan bahwa tidak hanya sekedar sosialisasi dan edukasi saja tapi juga harus diberikan bantuan vitamin dan makanan sehat juga.

Program Blackmores Peduli Nutrisi Bunda merupakan upaya untuk menekan angka BBLR di Kota Solo, sehingga kebutuhan nutrisi sebagai awal untuk mencetak generasi penerus bangsa yang berkualitas bisa terpenuhi. Blackmores Peduli Bunda berjalan sejak bulan April lalu, dan akan berlangsung hingga bulan September mendatang.


Kehamilan, kesehatan dan gaya hidup sebelum, selama, dan setelah kehamilan berperan penting pada perkembangan anak.

1000 HPK, apa saja yang haraus diperhatikan! 

  • Merencanakan kehamilan dengan matang
  • Mengusahakan ASI Ekslusif dan imunisasi lengkap
  • Rutin ke fasilitas kesehatan
  • Saling mendukung sesama orang tua 


Yuk, tingkatkan literasi untuk keluarga untuk optimalkan pertumbuhan anak sejak usia dini dengan update ilmu atau belajar terkait  parenting seperti nutrisi, pola asuh dan stimulasi anak. Sejak mempersiapkan kehamilan hingga anak tumbuh dewasa. Bismillah, semoga kita semua mampu mewujudkan generasi muda Indonesia yang sehat, bahagia dan berdaya. 

Semoga sharing ini bermanfaat ya bunda, semangat berjuang untuk mendapatkan buah hati serta kehamilan yang sehat dan bahagia. Jangan lupa penuhi nutrisi mikronutrien dengan minum  Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold sehari 2 kapsul 😊

Informasi seputar produk dan promo Blackmores bisa dilihat di akun media sosial Instagram @blackmores dan Facebook Blackmores Indonesia atau bisa kunjungi websitenya di www.blackmores.co.id




Sumber tulisan :

-https://hellosehat.com/kehamilan/kesuburan/program-hamil/pentingnya-merencanakan-kehamilan/

-https://www.blackmores.co.id/produk/pregnancy-breast-feeding-gold


6 komentar

  1. Alhamdulilah ya Mel. setelah masa penantian yang panjang

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah ya bun , thanks for sharing loh

    BalasHapus
  3. Seneng banget baca kompaknya Mba sama suami mempersiapkan diri... Apalagi didukung sama suplemen yang tepat, yaa.

    BalasHapus
  4. Seneng banget denger sharingnya. Btw Blackmores emang the best sih, keluargaku juga minum produk Blackmores yang Calcimag Multi dan Fish oilnya lho hehe.

    BalasHapus
  5. Blackmores selalu jadi temanku selama hamil dan menyusui.. Jadi ga worry kekurangan nutrisi.. 🥰

    BalasHapus
  6. Keren banget sih ini,story kamu bersama blackmores,aku jadiin notes banget deh,langsung auto berburu ragam.blackmores yang kamu share Mel. Sehat2 ya Lyoza dan Mama -Papa 🤗

    BalasHapus