5 Perlengkapan Ini Wajib dimiliki Saat Bayi Mulai Merangkak

Hai Moms, suka ngerasa nda sih bayi kita cepet banget gedenya? Yang tadinya hanya terbaring ditempat tidur, seiring dengan berjalannya waktu Baby L mulai bisa miring-miring tidurnya, kemudian tengkurep, berguling dan kini di usianya yang belum genap 7 bulan alhamdulillah sudah bisa duduk  sendiri, merangkak dan lagi seneng-senengnya belajar berdiri ;) Yes, time so flies ya! 

Bisa membersamai tumbuh kembang bayi, melihat perkembangannya dari waktu ke waktu itu dan menjadi orang yang pertama tahu tumbuh kembangnya itu sungguh nikmat yang wajib disyukuri…Well, hikmah pandemi karena work from home jadi lebih punya banyak waktu sama bayi hehehe. 

Sebagai ibu baru, aku masih banyak belajar mulai dari merawat bayi, hingga soal parenting atau pola asah asih asuh. Beruntung hidup di era digital seperti ini, segala informasi bisa kita dapatkan dengan mudah. 

Pernah kejadian saat pertama kalinya Baby L mau imunisasi, duh paniknya bukan main…takut ina itu, deg-degan kalau nanti rewel/demam gimana ya? Pokoknya yang ada dipikiran aku saat itu ya rasa khawatir, setelah baca-baca informasi tentang imunisasi dan tanya sama teman-teman alhamdulilllah berkurang rasa khawatirnya. Dan alhamdulillahnya lagi hari pertama Baby L imunisasi nda gitu rewel dan nda gitu demam, feel so blessed, thank to Allah. 

                      


Perkembangan bayi 6 bulan

Saat bayi berusia 6 bulan, biasanya sudah mulai mau banyak bergerak juga mulai belajar merangkak. Saat pertama kali melihat bayi mulai merangkak pasti terlihat lucu dan menggemaskan sekali ya Moms? ;)

Pada saat mulai belajar merangkak, berarti tulang pada bayi sudah mulai berkembang dengan sempurna. Tulang yang menjadi lebih kuat akan membuat bayi senang sekali untuk bergerak dan belajar untuk merangkak.

Nah, pada masa-masa inilah kita sebagai orangtuanya harus memperhatikan setiap gerak-geriknya agar tidak terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan!

So, saat bayi mulai merangkak, apa aja sih yang perlu diperhatikan? Ini dia diantaranya : 

  1. Jaga kebersihan lantai, sebaiknya sapu dan pel lantai rumah setiap hari.
  2. Jauhkan benda-benda yang berbahaya seperti barang pecah belah, kaca, gelas, pot bunga dls. Karena kadang bayi akan mengambil barang yang terlihat lalu melemparnya sambil merangkak. 
  3. Jauhkan dari benda-benda yang kecil, yang akan berbahaya jika tertelan.
  4. Perhatikan jalanan yang meningkat atau menurun ataupun tangga.
  5. Jauhkan dari kabel-kabel dan stop kontak.
  6. Jauhkan dari zat-zat berbahaya, misalnya obat pembasmi serangga.
  7. Tetap dampingi saat merangkak dan jangan lupa menutup semua pintu terutama pintu kamar mandi. 

Saat bayi mulai aktif merangkak, ada beberapa perlengkapan yang sebaiknya kita miliki demi kenyamanan kita juga buah hati.  Apa sajakah itu?

5 Perlengkapan Ini Wajib dimiliki Saat Bayi Mulai Merangkak :

  • Bed rail

Ini penting banget sih menurutku, buat yang memiliki kasur tingggi. Saat Baby L mulai berguling, kasur mulai dipasang bed rail. Tujuannya ya supaya aman, Baby L bisa berguling atau jumpalitan ke sana –kemari tanpa drama jatuh dari kasur. Akupun kalau meninggalkan Baby L sendiri di kasur nda was-was jadinya! Udah gitu ini bisa jadi area untuk merambat, dan pegangan buat berdiri. Sekarang Baby L lagi di fase seneng-senengnya manjat dan berdiri ;)




  • Kursi balon bayi

Awalnya aku tahu ini dari teman yang posting di insta story, pas lihat langsung berniat buat beli karena tertarik sama fungsinya. Jadi kursi balon ini bisa buat sarana bayi untuk belajar duduk, bahannya empuk jadi bayi nyaman belajar duduk. Selain itu juga mudah di bawa kemana-mana karena bisa dikempesin. Kursi balon ini jadi penolongku saat Baby L pengennya selalu deket sama Mamanya, jadi tiap aku mandi/masak saat ia nda mau ditinggal sendiri di kamar aku dudukin aja di kursi balon ini sambil liatin Mamanya mandi/masak hahaha. Selain itu di saat aku melakukan kegiatan domestik seperti nyapu dan ngepel, Baby L aku taruh di kursi balon sambil aku kasih cemilan biar anteng karena dia udah bisa merangkak jadi cukup bahaya kalau muterin sudut rumah tanpa pengawasan. Karena pernah beberapa kali kejedot, ngemutin kabel, sandal huhuhu.

Kursi balon ini disarankan untuk bayi umur 5 bulan-2 tahun, mudah untuk ditiup serta bisa dilipat ulang, cocok untuk di bawa saat traveling atau mudik hehehe, aman digunakan karena tidak terbuat dari material yang tajam, bahan PCV tebal, dengan pengaman bagian depan dan belakang ,menjaga bayi tidak terjungkal ke depan atau ke belakang. Pada bagian duduk terdapat lubang sebagai sirkulasi angin untuk kenyamanan bayi (tidak panas saat diduduki lama oleh bayi, mudah dilap dengan tissue atau kain, ukuran 47x45x35cm. 




  • Playmat

Pastikan bayi memiliki tempat yang nyaman untuk belajar merangkak. Untuk keamanan dan kenyamanan belajar merangkaknya aku menggunakan playmat.  Ini juga atas rekomendasi bidan juga teman-teman. Jadi saat awal-awal Baby L mulai menunjukkan kemampuan merangkaknya aku letakkan ia di playmat, saat tummy time juga. Ini bagian dari stimulasi bayi agar siap untuk merangkak. Oiya ada waktunya dimana aku biarin Baby L merangkak di lantai, saat ia udah cukup lancar dan cukup kuat untuk dilepasin karena kalau belum begitu seimbang kan masih suka jatuh jadi menghindari terbentur ke lantai aja sih. 




  • Baby Floor Cleaner by Mama’s Choice (450ml, 69K)

Yup, namanya aja Baby Floor Cleaner ya…jadi ini memang pembersih lantai yang aman untuk bayi karena terbuat dari bahan-bahan yang natural serta food grade. Diperkaya dengan antibakteri alami dari Chamomile, Rosemary, dan Lavender. Efektif menghilangkan noda dan bakteri, member perlindungan dari penularan penyakit. 


  • Baby Detergent by Mama’s Choice (1000ml, 79K)

Memiliki bayi yang sedang aktif-aktifnya merangkak, perlu juga diperhatikan pakaian bayi karena lebih banyak aktivitas melantai jadi bajunya cepet kotor aja rasanya+berkeringat. Lebih sering ganti baju kan jadinya ;) Aku pilih Baby Detergent by Mama’s Choice, pilihan aman detergent khusus bayi! Karena terbuat dari bahan-bahan yang natural, aman untuk bayi, membantu melindungi pakaian dari bakteri, jamur, dan noda dengan antibakteri alami.




Where to buy?

Produk-produk Mama’s Choice bisa dibeli di www.mamaschoice.id. Biar belanjanya makin hemat gunakan kode voucer "MAMAMELINDA" untuk mendapatkan diskon sebesar 25K setiap pembelian sebesar 90K, free ongkir se-Jabodetabek loh! Kode voucer berlaku untuk membeli semua produk Mama’s Choice ya Mama, menarik kan ;)



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.